Tips Alami Mengobati Sariawan Anak (Balita)

Sponsored Links

Tips Alami Mengobati Sariawan Anak (Balita)

Anda pernah dibingungkan oleh anak rewel karena sariawan? Nah, pasti ibu juga menjadi ribet dan repot karenanya. Atau Anda susah karena anak sudah beberapa hari tidak mau makan. Bukan hanya Anda yang susah, anak Anda juga tidak nyaman ketika mengalami sariawan. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan, sehingga hanya bisa menangis bahkan marah-marah.

Sariawan memang bukan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Namun, apabila anak Anda menderita sariawan dampaknya menjadi panjang. Karena Anak menjadi susah makan, rewel dan pada akhirnya berat badan bisa jadi turun. Ketika anak tidak mau makan, maka kekebalan tubuh juga menurun, pasti mudah untuk terserang berbagai penyakit.

Sariawan pada anak, bisa timbul karena bagian mulut anak tergigit sehingga mengalami luka dan pada akhirnya menyebabkan sariawan. Selain itu, disebabkan oleh adanya jamur Candida albicans. Jamur akan menginfeksi ketika mulut anak dalam kondisi yang kurang bersih dan dalam kondisi asam.

Anda sebagai orang tua berperan penting dalam mencegah maupun mengobati sariawan anak. Agar anak tidak terlalu lama menderita sariawan. Berikut akan kami ulas secara lengkap mengenai tips alami mengobati sariawan anak. Mari simak selengkapnya!

Berkumur Dengan Air Garam

Tips pertama untuk mengobati sariawan anak mudah dilakukan. Anda cukup mencampurkan air hangat dan garam, kemudian berikan pada anak Anda untuk berkumur. Memang, larutan garam ini akan memberikan dampak perih terhadap sariawan, namun hasilnya nanti sariawan cepat sembuh. Garam bersifat dapat membunuh kuman, jadi penggunaan air garam untuk berkumur adalah membunuh jamur-jamur yang masih ada, agar sariawan tidak bertambah atau semakin melebar.

Jika Anda ingin mengobati sariawan secara tuntas, maka berikan perlakuan yang semaksimal mungkin pada anak Anda. Dari membunuh bakteri penyebab sariawan, perawatan luka sariawan dan penyembuhannya. Maka simak tips berikutnya agar Anda mendapatkan langkah-langkah tepat untuk cepat mengatasi sariawan.

Olesi Sariawan Dengan Lidah Buaya, Pepaya Atau Bawang Putih

Alternatif Obat Alami Penyembuh Sariawan
Alternatif Obat Alami Penyembuh Sariawan

Lidah buaya memang memiliki segudangn manfaat. Salah satunya yaitu mengatasi sariawan. Nah, selanjutnya Anda dapat mengambil satu lembar daun lidah buaya, kemudian kupas hingga bersih. Ambil irisan daging lidah buaya dann oles-oleskan pada luka sariawan. Anda dapat melakukannya pada pagi dan sore hari.

Apabila anak susah untuk diberi olesan daging lidah buaya, Anda dapat mencampurkan irisan daging lidah buaya ke dalam sedikit air, kemudian air tersebut digunakan untuk berkumur. Jika Anda telaten dan rutin memberikannya 3 kali sehari, maka sariawana akan cepat hilang.

Untuk buah pepaya Anda dapat melakukannya dengan cara mengupas pepaya yang sudah masak, kemudian oleskan pada luka sariawan. Biarkan dalam beberapa menit, jangan sampai memasukkan makanan dulu, agar olesan pepaya dapat berproses. Pengolesan pepaya dapat Anda lakukan sesering mungkin agar sariawan dapat segera sembuh.

Penggunaan bawang putih, sama dengan pengolesan pepaya pada luka sariawan. namun untuk bawang putih Anda cukup mengoleskannya 3 kali dalam sehari.

Madu Sebagai Alternatif Salep Penyembuh Sariawan

Olesan Madu Sebagai Pengganti Salep
Olesan Madu Sebagai Pengganti Salep

Madu memiliki rasa yang manis dan disukai oleh anak-anak. Ketika Anak Anda mengalami sariawan, Anda tidak usah khawatir untuk mengobati. Madu dapat menggantikan peran salep kimia untuk mengolesi luka sariawan. Jadi bagi Anda yang sangat menghindari penggunaan bahan-bahan kimia, madu dapat dijadikan alternatif terbaik.

Fungsi madu adalah melembabkan bibir agar tidak kering dan dapat mengurangi rasa sakit saat digunakan untuk makan atau minum. Selain itu, jika madu juga berfungsi sebagai kekebalan tubuh. Nah, jika madu tertelan, Anda tidak usah khawatir karena madu dapat bermanfaat untuk tubuh si anak.

Beri Sayur Daun Katuk

Sayur Bening Daun Katuk Sebagai Obat Sariawan
Sayur Bening Daun Katuk Sebagai Obat Sariawan

Sariawan terjadi bisa jadi karena anak Anda kekurangan asupan vitamin C. Nah, sumber vitamin C berasal dari sayuran dan buah-buahan. Namun tidak semua sayuran mengandung tinggi vitamin C. Sayur yang tinggi kandungan vitamin C salah satunya yaitu daun katuk. Anda dapat membuatkan sayur bening katuk untuk anak Anda. Biasanya anak yang sedang sariawan cenderung memilih makanan yang berkuah, karena memudahkan untuk ditelan. Anda bisa memberikan sayur daun katuk selama beberapa hari agar sariawan anak dapat segera sembuh.

Beri Suplemen Vitamin C dari Buah-buahan Segar

Sumber Vitamin C
Sumber Vitamin C

Sebagian besar dari Anda pasti sudah paham, bahwa vitamin C berfungsi untuk menyembuhkan sariawan. Nah, sebenarnya logikanya memang begitu, sariawan dapat terjadi salah satunya karena kekurangan vitamin C. Dengan Anda memberi suplai vitamin C yang lebih banyak pada tubuh, maka dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh sehingga tidak lag i terjadi sariawan.

Dalam satu hari, tubuh membutuhkan suplai vitamin C sebanyak 60mg. Anda dapat memperoleh vitamin C dari buah-buahan seperti pisang, pepaya, mangga, apel hijau, jeruk, nanas, delima dan tomat. Nah, maka dari itu biasakan memberi buah-buahan untuk anak Anda. Jika mereka tidak mau mengkonsumsi buah-buahan dalam bentuk aslinya, maka Anda dapat memberikannya dalam bentuk jus.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari, Anda cukup memberikan satu macam buah sebanyak 1 buah. Dengan Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C anak, maka juga sudah melakukan tindakan pencegahan sariawan.

Air Kelapa Muda

Air Kelapa Muda
Air Kelapa Muda

Kelapa muda sangat mudah didapatkan dan pada umumnya anak kecil suka. Nah, kali ini kelapa muda bukan hanya untuk minuman selingan. Akan tetapi untuk mengobati sariawan si kecil. Anda akan sangat terbantu, karena anak dengan senang hati untuk meminum air kelapa muda. Kandungan yang terdapat dalam kelapa muda dapat menyembuhkan sariawan. Karena kelapa muda dapat meringankan panas dalam. Nah, salah satu penyebab sariawan adalah panas dalam, maka dengan Anda memberi air kelapa muda pada anak dapat membuat sariawan menjadi hilang.

Beri Air Rebusan Daun Sendokan

Rebusan Dari Daun Sendokan
Rebusan Dari Daun Sendokan

Apakah Anda tahu daun sendokan? Tanaman ini biasanya liar dan berada dihalaman-halaman rumah atau di pinggir sungai. Daun dari tanaman ini mirip sekali dengan bentuk sendok. Lebar daun juga sebesar sendok, namun biasanya juga ada yang lebih besar dari sendok.

Nah, jika Anda tahu tanaman tersebut, ambillah satu tanaman lengkap (daun beserta akarnya). Kemudian rebus dengan satu gelas air, rebus hingga air tersisa kira-kira setengah gelas. Kemudian beri gula batu, agar rasanya sedikit manis dan anak mau meminumnya. Jika anak mau langsung meminum, lebih baik langsung diminum. Namun jika anak sulit untuk meminum, Anda dapat menyendokkan sedikit demi sedikit hingga habis. Sariawan akan sembuh setelah Anda tiga kali memberikan rebusan air daun sendokan tersebut.

Yogurt Sebagai Zat Pembangun Prebiotic dalam Tubuh

Yogurt Membantu Mencegah jamur Penyebab Sariawan
Yogurt Membantu Mencegah jamur Penyebab Sariawan

Anak kecil biasanya juga suka dengan minuman-minuman kemasan, salah satunya yaitu yogurt. Perlu Anda pahami, yogurt berfungsi sebagai suplemen prebiotic yang bertugas menjaga keseimbangan bakteri sehat dalam tubuh. Salah satunya yaitu menumbuhkan bakteri sehat yang dapat mencegah tumbuhnya jamur Candida pada mulut. Jika anak masih minum ASI, Anda tidak perlu memberikan yogurt karena prebiotic akan diperoleh anak dari ASI.

Nah, sudah banyak sekali kan tips alami untuk mengobati sariawan pada anak. Pada masa sekarang memang sebaiknya kembali pada bahan-bahan alami sebagai alternatif dalam mengobati berbagai penyakit, karena lebih aman dan tidak berisiko. Sekarang tinggal Anda yang memilih dan segera mempraktekkan untuk menyembuhkan sariawan anak Anda. Selamat mencoba.