Tanda-Tanda Gejala Awal Kanker Serviks

Sponsored Links

Tanda-Tanda Awal Kanker Serviks

Kanker Serviks? Hemm..sebuah penyakit momok yang cukup menakutkan! Kenali lebih jauh, sebelum terlambat. Anda tahu sendirikan, ketika seorang wanita terkena kanker serviks, tentunya akan sangat menderita. So, pastikan kita mengenali ciri-ciri kanker serviks di gejala awal, sehingga untuk pengobatan lebih mudah dan tepat, di bandingkan jika sudah terlanjur parah.

Tahu dan mengerti kanker serviks sejak awal, merupakan langkah pencegahan yang cukup efektif. Semoga para pembaca sekalian di jauhkan dari salah satu penyakit yang cukup di khawatirkan para wanita ini. Tentunya bukan sebuah alasan yang hanya isapan jempol, kanker serviks adalah salah satu penyebab kematian wanita yang termasuk angka tinggi di dunia. Kanker serviks, sesuai dengan sebutannya, memang ini kanker yang menyerang pada mulut rahim, kanker yang tumbuh pada mulut rahim.

Dari salah satu data yang pernah kami terima untuk penderita kanker di Indonesia, khususnya untuk penyakit kanker ini, sepertiga dari kanker yang mengidap pada wanita adalah kanker yang menyerang mulut rahim ini, selain kanker payudara.

Kanker Serviks (dreamstime.com)
Kanker Serviks (dreamstime.com)

Penyebab Kanker Serviks

Jika Anda bertanya, sebetulnya apa sih penyebab kanker serviks ini? Apa penyebabnya, sehingga tumbuh menjadi penyakit yang cukup mematikan, inilah yang paling di khawatirkan oleh para wanita. Pada dasarnya semua penyakit memang ada pemicunya, sehingga sampai terjadi penyakit itu sendiri. Begitupun untuk kanker wanita jenis serviks ini. Kanker serviks itu sebetulnya di akibatkan oleh infeksi virus yang mempunyai nama cukup keren, HPV yang mempunyai kepanjangan Human Papiloma Virus. Namun ada macam-macam jenis dan model virus HPV ini, ada tipe-tipe tertentu yang menyebabkan fatal bagi penderitanya, yaitu HPV 18 dan HPV 18. Yang cukup mencengangkan dan perlu di waspadai sejak dini adalah virus ini akan dengan cukup mudah berpindah kemana-mana. Jadi sangat potensial untuk menular dan menyebar kemana-mana.

Salah satu hal yang patut di waspadai adalah, virus ini akan cukup mudah berpindah hanya dengan perantara cairan, yang lebih ekstrim lagi, hanya dengan sentuhan kulit, virus HPV bisa saja berpindah dari penderita ke orang yang sehat.Yang lebih mengerikan lagi, virus ini bisa saja berpindah dari WC yang kurang dibersihkan dengan sempurna, sistem sanitasinya kurang bagus, sehingga sangat berpotensi berkembang biak dengan bagus di media kamar mandi ini. Jadi ketika WC yang kurang bagus tadi dalam proses pembersihannya, dan virus HPV bersarang di situ, ya sudah habislah pemakai yang sehat, sangat potensial tertular dari kanker rahim dengan jenis serviks ini.

Kanker serviks sebetulnya juga bukan hanya akibat itu saja, bisa jadi memang karena perilaku hidupnya tidak sehat, semisal wanita yang merokok tentunya juga sangat potensial terserang penyakit kanker mulut rahim ini. Bisa juga penyakit kanker servik ini akibat penderita kurang asupan vitamin C dan E serta karena kekurangan asam folat. Mereka wanita yang kekurangan salah satu vitamin ini mempunyai tingkat kekebalan yang kurang seep, sehingga ketika ada virus mewabah, cukup potensial menjadi penderita baru.

Salah satu gejala yang paling mudah dan sederhana adalah muncul pendarahan yang tak normal. Jadi istilah paling mudahnya adalah pendarahan itu beda dengan pendarahn ketika menstruasi, pendarahan akibat senggama karena lecet, atau keterlaluan, hehe. Tetapi pendarahan cukup aneh dan berbeda dari biasanya. Jika ada gejala yang mulai tak wajar ini, idelanya memang harus Anda periksakan ke dokter.

Ciri gejala awal kanker serviks berikutnya adalah ada rasa sakit nyeri yang tak biasa pada panggul, sehingga ini akan cukup menggangu. Gejala yang paling mudah di tebak adalah ada rasa nyeri yang tak ada aalsan yang jelas, semisal karena sesuatu atau karena benturan. Jadi tak mengapa-mengapa tetapi ada rasa nyeri yang cukup menyakitkan. Jika dibandingkan dengan gejala keputihan, gejala kanker serviks akan sedikit berbeda keluhan dengan keputihan biasa.

Ciri lain yang patut di waspadai pada gejala kanker serviks adalah ada peningkatan frekuensi buang air kecil ketimbang biasanya. Jika Anda sedang hamil, tentunya ini merupakan tanda-tanda wajar, namun Anda tidak sedang hamil dan ada gejala-gejala yang tak wajar ini, sebaiknya segera di konsultasikan dengan para ahlinya, termasuk dokter. Segera konsultasi ke dokter merupakan deteksi sejak dini sebelum terjadi sesuatu yang lebih fatal.

Hal lain yang perlu juga Anda tahu, salah satu ciri yang kurang mengenakkan untuk penderita awal penyakit ini adalah rasa sakit nyeri ketika berhubungan intim, bagi Anda yang sudah menikah. Jika ada sesuatu yang tak normal seperti ini, berarti memang ada sesuatu dengan tubuh Anda, salah satunya penyakit ini.

Efek yang menandai kanker serviks berikutnya adalah terganggunya saluran pencernaan. Lho kok bisa, apa hubungannya? Hubungannya adalah, biasanya ada rasa sakit, ada rasa sakit ketika melakukan BAB (Buang Air Besar). Jadi idealnya memang Anda wajib menjaga stamina tubuh agar tidak tambah drop, akibat terkena penyakit kanker khusus wanita ini, kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks
Gejala Kanker Serviks

Tips Mencegah Kanker Serviks

Untuk mencegah terjadinya kanker serviks pada diri kita, pastinya yang paling penting adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, khususnya untuk perawatan organ intim wanita. Jika hari ini Anda masih menggunakan pembalut konvensional, tentunya hendaknya mulai di tinggalkan, karena memang banyak sekali kerugian menggunakan pembalut di era modern ini. Cari yang alami dan yang tidak menggunakan zat berbahaya lainnya ketika proses pembuatan pembalut.

Selain itu, satu hal yang tetap di jaga adalah menjaga kebersihan lingkungan, membersihkan dengan sempurna kamar mandi dan wc agar tidak mudah tercemar, tempat untuk bersarangnya virus HPO, penyebab penyakit kanker serviks ini pada wanita. Selain itu juga perlu dijaga selalu kebugaran tubuh dan jangan lupa selalu menjaga asupan gizi yang seimbang untuk daya tahan tubuh.