Pepaya Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Sponsored Links
Mengobati Penyakit Jantung Koroner
Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Pasti Anda sudah sangat familiar dengan penyakit jantung koroner (PJK). Nah, penyakit yang satu ini memang membuat resah baik pada penderitanya maupun para keluarga. Memang benar, selama ini penyakit jantung koroner memang menjadi momok bagi siapa pun karena memang PJK menjadi penyebab kematian. Selama ini penyakit jantung koroner masih menduduki rangking satu sebagai penyakit yang menyebabkan kematian. Apakah untuk penyakit jantung koroner memang benar-benar tidak ada solusinya?

PJK memang masih belum secara pasti dapat disembuhkan dengan total. Namun, selama ini sudah banyak tindakan medis maupun non medis yang dapat sedikit meringankan rasa sakit atau mencegah parahnya PJK. Anda pun juga harus memahami, bahwa PJK memang penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Selama ini sudah banyak bahan-bahan herbal yang dapat digunakan sebagai alternatif dan penunjang dari pengobatan medis. Sebuah riset mendapatkan hasil bahwa buah pepaya mengobati penyakit jantung koroner. Apakah memang benar? Bagaimanakah proses buah pepaya di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai solusi menyembuhkan penyakit jantung koroner, Anda sebaiknya mengetahui dulu kronologi terjadinya penyakit jantung koroner. Simak selengkapnya!!

Apa Itu Penyakit Jantung Koroner?

Penyakit jantung koroner adalah suatu gangguan di dalam jantung yang disebabkan oleh adanya penumpukan plak-plak kolesterol. Selain itu, penyakit jantung koroner juga disebabkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah koronaria yang berada di dalam jantung. Menurut catatan WHO, terdapat 4,4 juta orang meninggal dunia karena penyakit jantung koroner. Sebanyak 8% dari yang meningga, mereka masih tergolong dalam usia muda. Hasil survei Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013 mendapatkan hasil bahwa 1,5% dari penduduk Indonesia menderita Penyakit Jantung Koroner. Jika di konversikan, setiap 1000 penduduk terdapat 15 orang yang mederita penyakit jantung koroner, atau Nah, penyakit jantung koroner sangat berbahaya bukan?

Terjadinya penyakit jantung disebabkan oleh adanya penumpukan plak-plak kolesterol, nah hal ini berarti kadar kolesterol dalam darah memiliki kadar yang sangat tinggi. Kadar lemak dalam darah dapat dikategorikan tinggi jika jumlahnya melebihi 240mg/dl. Ketika kadar lemak darah Anda melebihi ambang batas maksimal, maka Anda dapat dikatakan menderita hiperkolesterolemia atau kelebihan kadar kolesterol dalam darah. Biasanya hiperkolesterolemia dapat terjadi jika terjadi peningkatan jumlah kolesterol total, peningkatan kolesterol LDL, terjadi peningkatan jumlah trigliserida dan kadar kolesterol HDL menurun. Nah, serangkaian peristiwa tersebut biasanya akan saling mendukung untuk dapat terjadi.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Kolesterol Dalam Darah Penyebab Jantung Koroner
Kolesterol Dalam Darah Penyebab Jantung Koroner

Anda menderita hiperkolesterolemia bukan hanya karena faktor pola hidup yang kurang sehat, namun juga karena terdapat keluarga atau orang tua yang pernah mengalami hal yang sama. Selain itu, bapak-bapak lebih rentan menderita hiperkolesterolemia, ditunjang dengan adanya peningkatan usia. Pola hidup kurang sehat yang dimaksudkan adalah tidak mengontrol jumlah makanan berlemak yang Anda konsumsi setiap harinya. Lemak jenuh dapat segera membuat kandungan kolesterol dalam dara Anda meningkat.

Nah, pada saat kandungan kolesterol darah meningkat, maka akan semakin mudah untuk mengalami penggumpalan atau pengendapan kolesterol di dalam darah. Jika pola hidup Anda tidak sehat, semakin lama plak yang terjadi dalam pembuluh darah akan meningkat seiring dengan peningkatan kadar kolesterol darah.

Kolesterol VS Penyakit Jantung Koroner

Kolesterol Menyumbat Pembuluh Darah
Kolesterol Menyumbat Pembuluh Darah

Kolesterol ternyata adalah sahabat sejati dari penyakit jantung koroner. Semakin banyak kolerterol dalam darah, kemungkinan untuk menderita jantung koroner juga semakin tinggi. Apakah Anda pernah melihat minyak yang menetes di dalam air? Minyak yang menetes di dalam air tidak akan pernah larut dengan air. Begitu juga dengan kolesterol yang berada di dalam darah, tidak akan pernah menyatu dan larut dengan darah. Ketika Anda mengkonsumsi zat atau mineral lain, pasti juga akan larut di dalam darah. Mineral yang Anda konsumsi, sebagian juga ada yang bersifat jahat jika berjumlah terlalu banyak. Karena mineral dapat membuat darah menjadi semakin pekat. Jika terjadi demikian, kolesterol dalam darah Anda akan mudah melekan pada pembuluh darah.

Nah, pada saat kolesterol menempel di sekeliling pembuluh darah, lama kelamaan akan menumpuk dan menggumpal menjadi plak. Kemudian apa yang terjadi? Pembuluh darah Anda akan menyempit, sehinga aliran darah akan tidak lancar. Bayangkan, ketika penyempitan pembuluh darah itu terjadi di jantung, padahal pembuluh darah di dalam jantung sangat kecil. Ketika darah mengalir dengan kecepatan tinggi, sedangkan pembuluh darah Anda tersumbat, pasti dengan terpaksa aliran darah Anda akan menekan dan memaksa pembuluh darah untuk dapat melebar. Peristiwa tersebut akan membuat Anda merasakan sakit atau nyeri di daerah dada sebelah kiri. Itulah mengapa orang yang mengalami serangan jantung mengalami sakit di daerah dada. Penyebabnya adalah terjadinya penekanan pembuluh darah oleh aliran darah yang tidak lancar.

Buah Pepaya Penyembuh Penyakit Jantung Koroner

Buah Pepaya Dapat Mengobati Penyakit Jantung Koroner
Buah Pepaya Dapat Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai manfaat buah pepaya. Buah pepaya termasuk tanaman keluarga yang sangat mudah untuk hidup dan tumbuh besar. Dalam 100 gram buah pepaya mengandung karoten sebanyak 1000ug. Karoten ini bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin C, dalam 100 gram pepaya terdapat 85,3mg vitamin C. Juga terdapat lemak 0,2g/ 100g dan mengandung serat sebanyak 1g/100g pepaya. Nah, kandungan serat tersebut yang selama ini kita kenal sebagai pelancar buang air besar. Namun di sisi lain ternyata pepaya juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan anti-hipertensi. Jika kita melihat fungsinya sebagai anti-hipertensi dapat pula dihubungkan dengan terjadinya penyakit jantung. Orang yang menderita penyakit jantung juga di tunjang dengan menderita hipertensi yang akan memperparah beratnya tekanan darah yang melewati jantung.

Fungsi utama yang kita maksudkan adalah bagaimana buah pepaya mengobati penyakit jantung koroner? Ternyata buah pepaya adalah buah yang ampuh, karena dapat menurunkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol dalam darah. Anda dapat menggunakan buah pepaya sebagai jus atau langsung dimakan begitu saja. Pada suatu riset, konsumsi 100ml jus buah pepaya yang masih mentah beserta kulitnya terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah. Adapun perasan air daun pepaya dapat mengurangi konsentrasi kolesterol dan menurunkan produksi lemak jenuh dalam darah. Mungkin jika diminum memang sedikit memberikan rasa pahit, namun buah pepaya sangat baik jika Anda konsumsi secara rutin, agar kadar kolesterol dalam darah Anda segera menurun dan terkontrol.

Ketika kadar kolesterol darah menurun, maka kemungkinan terjadinya penumpukan plak dalam pembuluh darah juga menurun. Hal ini berarti Anda secara langsung membantu kelancaran kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Saat tidak terjadi penyempitan pembuluh darah, berarti Anda juga tidak lagi akan mersakan sakit atau nyeri pada dada.

Karena Anda sekarang sedang dalam proses penyembuhan, maka selalu dinjurkan untuk menurunkan berbagai resiko penyakit jantung. Yaitu dengan menurunkan konsumsi lemak total dan lemak jenuh. Sedangkan untuk mengimbangi atau menjaga kadar lemak dalam darah, Anda seabiknya memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran karena banyak mengandung serat yang dapat membantu peluruhan lemak. Dalam sehari buah pepaya dapat Anda konsumsi sebanyak 3-5 potong ukuran sedang.

Nah, sekarang Anda sekarang sudah mengetahui mekanisme buah pepaya dalam tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Silakan segera mencoba, agar penyakit jantung Anda tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.