Penyakit Paru-Paru Dan Pencegahannya

Sponsored Links

Macam Penyakit Paru-Paru Dan Pencegahannya

Penyakit paru-paru adalah salah satu penyakit yang cukup paling mematikan di dunia. Penyakit paru-paru ini model serta jenisnya bermcam-macam dan penyebabnyapun juga bermacam-macam. Hemmm…jika dilihat dari salah satu catatan kesehatan dunia, penyakit ini merupakan salah satu penyebab angka kematian di dunia. Ya, namanya juga penyakit, tentunya selevel penyakit paru ini adalah salah satu penyakit yang cukup mematikan, tentu saja karena memang yang di serang adalah saluran pernafasan. Organ paru-paru merupakan organ yang mempunyai peran sebagai respirasi dan juga berfungsi sebagai penyeimbang sistem peredaran darah pada vertebrata. Cukup unik memang cara kerja paru-paru, yaitu mampu menukar zat yang beracun karbondioksida dalam tubuh menjadi oksigen.So, paru-paru ini merupakan oragn tubuh yang luar biasa penting, sehingga ketika kesehatannya ini tergangu, tentu saja sangat mengancam kehidupan seseorang.

Aneka Macam Penyakit Paru-Paru

Ketika bercerita tentang penyakit paru-paru, tentu saja jenis dan modelnya bermacam-macam. Semua penyakit paru-paru, tentunya semua berbahaya. So, inilah berbagai macam penyakit paru-paru yang wajib Anda tahu.

  1. Legionanries

sesuai dengan penamaanya, penyakit paru-paru jenis ini disebabkan karena bakteri bernama legionella pneumophilia. Penyakit paru-paru seperti ini semacam infeksi yang di derita paru-paru jenis pneumonia. Jadi penyakit paru-paru ini semacam radang.

  1. Pneumonia

Jenis paru-paru dengan sebutan Pneumonia ini merupakan ganguan dari sistem pernafasan. Kebanyakan penderita pneumonia ini adalah anak-anak dan orang tua. Jenis Pneumonia cukup mudah di obati jika jenis penyakit ini segera di ketahui dan di obati dengan tepat, cepat dan benar. Jika bercerita tentang penyakit paru jenis Pneumonia ini tentu penyebabnya cukup beragam, mulai dari virus, bakteri, jamur yang ada pada paru-paru. Bahkan Pneumonia bisa saja terjankit karena kita tertular dari rumah sakit.

Penyakit Paru Pneumonia
Penyakit Paru Pneumonia
  1. Efusi Pleura

Penyakit paru-paru berikutnya adalah efusi pleura, jenis penyakit paru ini terjadi akibat adanya cairan yang cukup berlebihan didalam membran yang berlapis ganda di sekitar paru-paru. Ada beberapa kasus karena terkena efusi pleura ini bisa menimbulkan tumpukan cairan yang ada diparu-paru ini, ada juga yang mencapai kisaran 2 hingga 3 liter. Hemm..cukup mengerikan bukan, melihat penyakit paru-paru jenis ini.

  1. Tuberkolosis

Penyakit paru-paru berikutnya adalah tuberkolosis. Penyakit jenis paru-paru ini adalah penyakit yang menyerang bagian jaring paru-paru. secara teori sederhana, semua orang pada dasarnya memiliki mikroba TB yang berada dalam tubuhnya, tetapi tak semua orang bisa diserang. So, penyakit ganguan paru-paru jenis tuberkolosis ini menyerang pada siapa saja yang tingkat imunitasnya lagi rendah.

  1. Pneumotoraks

Jenis penyakit paru-paru berikutnya adalah Pneumotoraks. Jenis penyakit paru-paru ini adalah menyerang bagian pleura atau lebih mudah dikenal dengan istilah selaput paru. Jenis penyakit paru ini memberikan suatu kemungkinan membran pleura di tembus oleh udara yang masuk kedalam rongga yang dinamakan pleura tadi serta menjadikan paru-paru menjadi mengempis.

  1. Asma

Penyakit Asma juga termasuk paru-paru lho! Jenis penyakit ini dimungkingkan banyak meyerang banyak orang. Ciri yang paling mudah dilihat secara fisik penyakit asma adalah mudah sesak nafas dan mengi berkali-kali. Jenis penyakit asma ini sebetulnya banyak sekali variannya. Salah satu penelitian membuktikan bahwa penyakit ini sanggup menyerang satu dari empat anak dari satu wilayah.

  1. Paru-paru Obstruktif Kronis

Jenis penyakit paru-paru lainnya adalah obstruktif kronis. Penyakit paru-paru ini adalah jenis penyakit paru-paru jangka panjang. Jadi tidak serta merta terjadi sakit paru-paru, namun terjadinya cukup lama. Salah satu fatalnya penyakit paru-paru obsruktif kronis adalah bisa memberikan kerusakan sistem jaringan yang ada di paru-paru dengan bertahap dan gejala sesak pernafasan yang makin lama-makin menyakitkan serta berat sekali. PPOK merupakan penyakit jenis paru kronis serta emfisema, jadi keduanya bisa terjadi secara bersamaan.

  1. Bronkitis Kronis

Penyakit paru jenis bronkitis ini merupakan akibat menghisap rokok. Tetapi merupakan jenis penyakit paru-paru yang jarang menyebabkan bronkitis akut. Serangan utama pada penyakit bronkitis adalah saluran menuju yang utama ke paru-paru mengalami penyempitan serta terjadi sebuah reaksi iritasi karena asap yang di timbulkan tembakau. Akibat dari rekasi ini paru-paru mengalami batuk berdahak yang biasanya lama, menahun, apalagi jika ada hawa lembab atau dingin.

  1. Emfisema

Emfisema merupakan jenis penyakit paru-paru yang biasa di sebut dengan PPOK. Penyakit paru-paru ini berakibat pada rusaknya kantung udara pada paru-paru atau istilah yang lebih dikenal dalam dunia kedokteran adalah alveoli pada paru-paru. Dampak dari kerusakan ini mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan suplly asupan oksigen sehingga secara tak langsung mengakibatkan penderita mengalami sesak nafas, sulit bernafas. Hampir sama dengan penyakit jenis paru bronkitis, emfisema merupakan penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh merokok.

  1. Asbestosis, Pneumokoniosis dan Silikosis

Salah satu pekerjaan yang mengakibatkan di serangnya paru-paru adalah pekerja yang ada di tambang. Pekerja tambang sangat potensial terkena paru-paru karena memang dia selalu berhadapan dengan partikel yang beracun akibat proses produksi di tambang itu sendiri. Karena sering berada di lokasi yang kurang sehat tersebut, dalam jangka waktu tertentu menghirup udara yang kurang sehat tersebut, akibat kondisi ini selanjutnya mengakibatkan peradangan pada paru-paru.

Penyakit paru-paru jenis Silikosis diakibatkan karena inhalasi dari partikel kristal silika yang bebas. Partikel ini menempel pada saluran paru-paru. Silika ini merupakan bahan yang berbahaya pada paru-paru, biasanya di gunakan untuk keperluan pembangunan konstruksi. Ketika silika masih dalam bentuk benda padat, sebetulnya belum berbahaya. namun ketika sudah berubah wujud kedalam partikel-pertikel udara, inilah yang membahayakan pernafasan, khususnya paru-paru.

Selanjutnya untuk jenis paru-paru asbetosis merupakan penyakit paru-paru yang diakibatkan bahan asbes. Ya, bahan asbes untuk bahan bangunan itu yang cukup berbahaya, karena partikel bebasnya bisa merusak sistem pernafasan khususnya paru-paru Anda. Cukup berbahaya, bukan?

Tips Sederhana Untuk Menghindari Penyakit Paru-Paru

Poin dasar untuk menghindari dari penyakit paru-paru adalah dengan mengurangi bersentuhan langsung dengan zat klorin. Zat ini merupakan pemicu terjadinya penyakit paru-paru. Jika Anda ingin tahu, dimana sih ada zat klorin ini? Ini bisa ada dimakanan lho! Jadi ketika zat ini terhirup udara ketika kita bernafas, bisa berpotensi menimbulkan penyakit paru-paru. Zat klorin ini bisa juga kita jumpai di air kran dari hasil PDAM, bisa juga di temukan pada kolam renang. So, kami sarankan memang untuk menggunakan filter air ketika Anda menggunakan air kran, khususnya dari yang PDAM.

Untuk mengurangi efek yang ditimbulkan dari makanan adalah dengan meminimalisir makanan yang mengandung gula serta bahan zat kimia. Makanan memang bisa saja mengakibatkan munculnya semcam lendir yang ada pada coklat. Tips sederhana berikutnya adalah dengan mengurangi makanan atau minuman yang dingin. Kenapa? Karena makanan dan minuman yang dingin juga menjadi slaah satu pemicu ganguan pada sistem paru-paru. Sedangkan tips yang asik berikutnya adalah, hindari stress berlebih. Karena ketika Anda stress tingkat tinggi sangat potensial tidak menghirup udara segar dan bugar yang menyehatkan paru-paru Anda.