Menjaga Kesehatan Mata Itu Penting!!

Sponsored Links

Bagi kamu para penggemar novel, buku-buku pelajaran atau para pecinta gadget. Pasti kamu akan selalu setia untuk memegang dan mengulak-alik buku dan gadgetmu. Memang pada saat ini banyak sekali buku bacaan yang dapat dinikmati para kaum muda. Mulai dari novel, buku-buku motivasi, sejarah, tabloid, komik, hingga buku-buku pengetahuan. Untuk para penggemar buku, mereka tidak akan ingat waktu ketika memegang buku-buku favoritnya. Apalagi dengan berkembangnya berbagai jenis gadget yang akan selalu setia menemani untuk melanglang buana ke dunia maya. Mungkin salah satunya adalah kamu. Nah, tapi apakah kamu pernah memperhatikan gimana mata yang selalu terus-menerus terpaku dengan hal itu? Apakah kamu sudah melakukan upaya untuk menjaga kesehatan mata kamu?

agar mata tetap sehat

Selama ini mungkin kamu terlalu bebas memanjakan hati dan pikiranmu, tanpa memperhatikan kondisi fisikmu. Saking asyiknya membaca, kamu melakukannya sambil tiduran atau memang dijadikan teman sebagai pengantar tidur. Selain itu, terkadang kamu juga memaksakan untuk membaca di segala tempat, termasuk tempat yang sedikit gelap. Nah, begitu juga dengan gadget, kamu malah akan menggunakannya sesuka hati dengan tanpa memperhatikan lingkungan sekitar apakah pencahayaannya mendukung atau tidak.

Yang perlu kamu ketahui, walaupun gadget sudah memiliki lampu penerang, tapi kalau kamu menggunakannya di tempat yang agak gelap, maka mata jug akan mendapatkan sinar yang terlalu kuat dari gadget kamu. Nah, pada akhirnya mata akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan cahaya yang masuk ke retina. Jika hal ini sering terjadi, maka mata kamu juga akan mengalami kelelahan hingga terjadi pengurangan daya fungsi mata.

Sangat sayang kan, kamu mengalami kerusakan syaraf-syaraf mata sejak muda. Maka dari itu mulai dari sekarang jaga kesehatan matamu. Menjaga kesehatan mata itu banyak caranya. Kamu bisa memulai dari mengubah kebiasaan membaca dan menggunakan gadget dengan benar. Setelah itu didukung dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Kemudian segera istirahatkan mata ketika kamu sudah mulai lelah untuk membaca dan menggunakan gadget. Tanda-tandanya mata sudah lelah yaitu ketika kamu membaca akan sedikit merasa pusing, pandangan sedikit kabur atau mata sudah terasa agak perih.

Nah, berikut ini akan kami uraikan tentang nutrisi yang dapat mendukung untuk menjaga mata agar tetap sehat. Simak selengkapnya!!

  1. Wortel Dan Ubi Jalar

Nah, kalo wortel kalian pasti udah tahu bahwa kandungan vitamin A nya sangat tinggi. Namun, kalau jenis umbi-umbian mungkin belum banyak yang tahu. Selama ini ubi jalar hanya di kenal dengan kandungan karbohidratnya. Gaes, ternyata ubi jalar kuning juga kaya akan vitamin A lho. Terutama ubi jalar yang warnanya oranye. Kamu dapat melihat seberapa tinggi kadar vitamin A dalam suatu makanan yaitu dengan melihat kadar warnanya. Semakin oranye suatu ubi atau wortel, makan kandungan betakarotennya semakin banyak dan otomatis vitamin A nya juga tinggi.

Betakaroten Untuk Kesehatan Mata Kamu
Betakaroten Untuk Kesehatan Mata Kamu

Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tinggi betakaroten (vitamin A) secara rutin maka dapat membantu kornea mata tetap sehat. Pada jangka waktu yang panjang, kamu juga akan terhindar dari penyakit degeneratif pada matunga. Nah, tunggu apa lagi, segera rutinkan dirimu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

  1. Berbagai Jenis Kacang

kacang untuk menjaga kesehatan mataKacang adalah camilan yang sangat bersahabat dan banyak yang menyukai. Selama ini mungkin kamu tidak terlalu memperhatikan apa sih sebenarnya manfaat dari kacang-kacangan. Kamu menganggapnya hanya untuk makanan pelengkap, tidak terlalu memperhatikan betapa besar sebenarnya manfaat dari kacang.

Kandungan utama dari kacang adalah vitamin E. Pada kacang kenari dan kacang almond mengandung vitamin E yang sangat tinggi, sehinga bagus untuk kesehatan mata kamu. Fungsi dari vitamin E adalah sebagai zat yang dapat mencegah dari terjadinya katarak mata dan memperlambat mata mengalami kerusakan akibat proses penuaan.
Jika kita melihat dari kegunaan kacang, berarti konsumsi kacang sangat dibutuhkan ketika kamu masih berusia muda, karena manfaatnya bisa dirasakan hingga tua nanti. Memang, mungkin kamu juga pernah mendengar orang berkata bahwa pada saat mata kamu merasakan lelah atau sakit karena minusnya bertambah, maka perbanyaklah mengkonsumsi kacang. Nah, sebenarnya memang begitu, secara ilmu medis vitamin E dalam kacang dapat membantu mata untuk kembali sehat dan tetap sehat.
Namun konsumsi kacang sebaiknya tidak banyak dikonsumsi oleh orang yang mulai berumur paruh baya, karena untuk orang yang berusia paruh baya kacang dapat memicu terjadinya asam urat. Hal ini dikarenakan kacang memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga dapat memicu terjadinya asam urat.

  1. Bayam Dan Brokoli
Sayur Bayam dan Brokoli Untuk Menjaga mata Agar Tetap Sehat
Sayur Bayam dan Brokoli Untuk Menjaga mata Agar Tetap Sehat

Brokoli sangat lezat bukan? Nah, ternyata kandungan gizi yang terdapat dalam brokoli bukan hanya sebagai sumber asam folat yang dibutuhkan untuk ibu hamil. Namun brokoli juga mengandung lutein yang berfungsi sebagai zat pelindung terhadap kerusakan pada mata. Apalagi jika sudah mengalami pertambahan usia, pasti juga akan beresiko untuk terkena katarak, nah brokoli ini dapat menjadi pelindungnya. Selain itu, brokoli juga dapat membantu mengurangi kerusakan retina.

Sedangkan bayam mengandung zeaxnathin yang tinggi, sehingga bayam dapat membantu mata terhindar dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Mungkin kamu ketika berada di luar ruangan pada saat siang hari di bawah terik matahari pernah merasakan mata menjadi sakit. Sinar matahari langsung memang berbahaya untuk mata kamu, sehingga kamu juga harus melindungi mata kamu. Nah, fungsi bayam di sini sebagai zat yang dapat mengurangi resiko tajamnya sinar matahari yang secara langsung mengenai mata kamu.

  1. Ikan Salmon Atau Minyak Ikan
Sumber Omega 3 Untuk Menjaga Kesehatan Mata
Sumber Omega 3 Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ikan salmon mungkin terlalu mahal ya? Namun, bagi kamu yang hobi makan sushi pasti akan merasakan lezatnya ikan salmon. Memang ikan salmon banyak mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu menjaga kesehatan mata kamu. Asam lemak itulah yang membuat ikan salmon menjadi lezat. Ada solusi lain untuk tetap dapat mengkonsumsi omega 3, yaitu dengan mengkonsumsi minyak ikan. Kamu pasti akan mendapatkan manfaat dari omega 3, selain untuk menjaga dari katarak, kamu juga akan terhindar dari penurunan fungsi retina kelak saat kamu menjadi lebih tua.

Kandungan omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan memang tidak sebanyak yang berada di dalam ikan salmon segar, namun setidaknya minyak ikan dapat menggantikan sumber dari omega 3. Sebenarnya masih banyak ikan laut jenis yang lain yang mengandung omega 3, tapi kadungan omega 3 nya tidak sebanyak yang terdapat dalam ikan salmon dan minyak ikan. Minyak ikan memang sudah di inovasi untuk di ambi sari-sarinya, sehingga kandungan omega 3 nya murni.

  1. Yogurt
Yogurt Sebagai Minuman Alternatif Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat
Yogurt Sebagai Minuman Alternatif Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat

Nah, untuk minuman yang satu ini kamu pasti banyak yang suka. Rasa asam-manis yang terdapat dalam yogurt memberikan sensasi rasa segar jika diminum. Nah, kandungan seng yang terdapat dalam yogurt dapat menjadi pelindung mata dari sinar matahari. Selain itu, vitamin D yang terkandung dalam yogurt juga dapat menjadi anti-inflamasi, yaitu untuk membuat penglihatanmu tetap tajam.
Nah, dengan meminum satu porsi yogurt, kamu akan mendapatkan banyak manfaatnya.

Yogurt itu berbeda dengan susu, jadi kandungan yang terdapat dalam yogurt tidak dapat digantikan dengan susu. Mungkin kamu selama ini hanya memilih susu untuk dijadikan sebagai minuman bernilai gizi tinggi. Mulai saat ini, coba kamu atur kembali pola asupan gizimu, jadikan yogurt sebagai alternatif lain selain susu dan jus buah.

Artikel di atas sudah memberikan gambaran pada kamu, betapa pentingnya kamu untuk menjaga kesehatan mata. Banyak macam makanan yang dapat kamu jadikan alternatif sebagai asupan gizi untuk kesehatan mata. Demikianlah uraian tentang menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat.