Menjaga Kehangatan Bayi Dengan Metode Kanguru

Sponsored Links

Menjaga Kehangatan Bayi Dengan Metode Kanguru

Contoh Perawatan Metode Kanguru
Contoh Perawatan Metode Kanguru

Bayi yang baru lahir sangat membutuhkan kehangatan, agar tidak terjadi hipotermia atau bersuhu tubuh rendah. Jika suhu tubuh bayi Anda mengalami penurunan dalam waktu yang singkat, maka akan menyebabkan syok pada bayi. Ketika bayi Anda mengalami syok, maka bayi akan memiliki kondisi tubuh yang tidak stabil.

Pada umumnya, bayi baru lahir akan diletakkan dalam suatu ruangan khusus dengan tujuan untuk mendapatkan penyinaran. Namun, biasanya yang mendapatkan penyinaran hanya bayi yang mengalami masalah. Padahal semua bayi baru lahir membutuhkan kehangatan yang ekstra, karena suhu dunia lebih rendah daripada suhu di dalam rahim.

Nah, Anda dapat menjaga kehangatan tubuh bayi dalam beberapa cara, salah satunya yaitu dengan cara metode kanguru. Anda mungkin pernah mendengar tentang metode kanguru. Kenapa sih disebut dengan perawatan metode kanguru? Inilah yng perlu Anda ketahui. Metode kanguru merupakan sutu cara untuk menghangatkan bayi yang meniru induk kanguru, yaitu dengan memasukkan ke dalam kantong.

Namun, manusia tidak memiliki kantong seperti induk kanguru. Dengan demikian banyak tenaga kesehatan yang merekayasa bagaimana cara meniru kantong kanguru. Metode ini mengutamakan bayi dapat kontak langsung dengan kulit si ibu, sehingga bayi mendapatkan kehangatan dari ibu. Metode ini dapat mempertahankan suhu bayi dan mencegah bayi dari kedinginan.

Cara Perawatan Bayi Dengan Metode Kanguru

Kita tidak memiliki kantong tempat menghangatkan bayi seperti yang dimiliki oleh kanguru, maka dari itu ada metode tersendiri untuk meniru gaya kanguru dalam menghangatkan anaknya. Berikut adalah langkah merawat bayi dengan metode kanguru:

  1. Dekap bayi yang tidak menggunakan baju agar kulit bayi bersentuhan langsung dengan yang mendekap. Usahakan ketika Anda melakukan perawatan metode kanguru dengan keadaan tubuh yang msih bersih, agar kulit bayi tidak terpapar keringat Anda, karena kulit bayi masih sangat sensitif.
  2. Posisi bayi telungkup dada dan ketemu dada pendekap, sehingga bayi berada diantara kedua payudara. Kepala bayi menoleh ke salah satu sisi, mata bayi dapat saling kontak dengan ibu. Sedangkan kaki bayi berposisi seperti kaki kodok, agak tertekuk. Dengan posisi yang demikian, dapat membuat bayi menjadi benar-benar menempel pada ibu.
  3. Metode kanguru dapat dilakukan dalam posisi ibu tidur dan istirahat. Ketika ibu dalam posisi tidur, bayi akan mudah untuk berada di atas dada ibu. Bayi akan sempurna menempel pada kulit ibu dan bayi akan merasa aman, karena tidak khawatir akan terjatuh. Namun, jika Anda ingin melakukan metode kanguru dengan sambil melakukan pekerjaan, juga bisa, berarti Anda harus benar-benar rapat dalam memberi perlindungan pada bayi.
  4. Pemberi perawatan dengan metode kanguru bukan hanya bisa dilakukan oleh ibu, namun bapak atau anggota keluarga lainnya yang sudah dewasa juga dapat memberikan perawatan.
Bayi Dalam Dekapan Ibu
Bayi Dalam Dekapan Ibu

Ketika Anda melakukan metode kanguru, bayi dibalut dengan selendang yang Anda gunakan untuk menggendong. Akan tetapi membalutkannya yaitu dengan cara melingkar, dari depan berputar ke belakang dan di tali dari belakang, agar balutan rapat. Sebaiknya bayi juga Anda masukkan ke dalam baju Anda agar lebih hangat. Lakukan metode ini pada awal-awal kelahiran bayi, agar bayi tetap terjaga kehangatannya dan merangsang untuk dapat segera mengenal puting ibu.

Keuntungan Metode Kanguru Untuk Bayi

1. Bayi akan menjadi hangat

Keuntungan yang pertama, yang didapatkan oleh bayi yaitu bayi akan mendapatkan kehangatan. Ketika Anda memasukkan bayi ke dalam kantong, bayi akan mendapatkan kehangatan secara langsung dari tubuh si ibu. Selain itu, bayi juga mendapatkan perlindungan dari hempasan udara luar karena tertutupi oleh kantong buatan. Semakin lama Anda memberikan dekapan pada tubuh bayi, maka bayi akan terus-menerus mendapatkan kehangatan.

2. Bayi akan lebih sering menetek

Ketika Anda meletakkan bayi di atas dada, maka bayi secara langsung akan mengenali puting ibu, dengan demikian bayi lebih mudah untuk menetek. Jika bayi Anda sudah mengenali puting, biasanya akan lebih pintar untuk menetek. Selain itu, dengan perawatan metode kanguru bayi lebih sering berada dekat dengan puting sehingga mudah untuk mendapatkan puting. Sebaliknya, bayi yang tidak mau menetek bisa jadi karena mereka bingung mencari puting ibunya. Hal ini dapat terjadi disebabkan karena bayi sejak lahir kurang mendapat rangsangan untuk mengenali puting ibu.

3. Bayi akan lebih banyak tidur

Bayi Lebih Banyak Tidur
Bayi Lebih Banyak Tidur

Bayi Anda akan merasa lebih nyaman ketika memiliki suhu tubuh yang hangat. Nah, semakin sering Anda memberikan perawatan dengan metode kanguru, maka bayi Anda juga akan semakin mudah untuk tidur. Namun, ketika bayi tertidur Anda tetap harus mengontrol tentang pemberian ASI, jangan biarkan bayi tidur terus menerus sehingga kekurangan ASI. Maksimal 3 jam tidur, kemudian susui bayi setelah itu Anda boleh menidurkannya kembali.

4. Bayi menjadi tidak rewel

Saat bayi Anda keadaan kenyang dan memiliki suhu tubuh yang hangat, maka tubuhnya akan terasa nyaman, dengan demikian bayi Anda tidak mudah rewel. Dekapan yang Anda berikan pada bayi juga akan memberikan sensasi tersendiri bagi si bayi. Bayi akan merasa tenang dan nyaman. Pada saat bayi rewel, dan mendapatkan dekapan dari si ibu maka bayi akan seketika diam.

5. Berat badan bayi akan naik dengan lebih cepat

Anda memiliki bayi yang suka menetek, mudah untuk tidur dan tidak rewel, secara tidak langsung hal-hal tersebut dapat membuat bayi Anda mudah mengalami pertumbuhan. Selain itu, tubuh bayi akan mengalami pertumbuhan sel secara maksimal ketika bayi merasa tenang dan dengan kondisi tubuh yang hangat.

Keuntungan Perawatan Metode Kanguru Untuk Ibu

1. Hubungan kasih sayang ibu dan anak lebih erat

Nah, Anda pasti sudah tahu logikanya, ketika bayi semakin sering berada didekapan Bunda, maka Anda juga akan lebih sering dalam memberikan kasih sayang. Dengan demikian hubungan batin antara Anda dengan si bayi akan lebih erat. Mungkin hal ini juga bermanfaat utnuk membangun hubungan kasih sayang, ketika Bunda merasa jengkel dengan kelahiran si bayi, karena Bunda memberikan dekapan pada bayi, secara otomatis Bunda juga akan timbul rasa sayang pada si bayi.

2. Ibu dapat menggendong bayinya saat melakukan pekerjaan

Metode kanguru tidak hanya dapat dilakukan dengan posisi terlentang, namun Anda juga dapat menggendong bayi ketika melakukan pekerjaan. Karena gendongan dengan metode kanguru tidak menghawatirkan si bayi untuk mudah bergerak.

Mungkin Anda sedang ingin berjalan, melatih kekuatan otot, nah pada saat ini Anda dapat memanfaatkannya juga untuk memberikan kehangatan pada bayi. Anda dapat menggendongnya dengan metode kanguru. Namun, jika Anda masih belum benar-benar sehat sebaiknya tidak melakukan metode kanguru dengan posisi berjalan atau pada saat melakukan pekerjaan.

 Nah, Anda sudah mengetahui kan bagaimana cara menjaga kehangatan tubuh si kecil. Dengan demikian bayi Anda tidak akan mengalami kedinginan atau hipotermia. Itulah salah satu cara perawatan bayi baru lahir agar tetap sehat. Semoga Bermanfaat.