Langkah Melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Sponsored Links

Langkah Melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Pernahkan Anda mendengar tentang IMD atau inisiasi menyusu dini? Nah, IMD adalah upaya pertama dalam menyusui bayi. IMD merupakan pemberian ASI pada bayi sedini mungkin. Biasanya IMD dilakukan sesegera mungkin setelah bayi terlahir.

Pada saat ini semua tenaga kesehatan telah dituntut melakukan IMD. Namun, Anda yang sedang hamil atau keluarga ada keluarga Anda yang sedang menjelang melahirkan, harus mengetahui tentang IMD. Biasanya ketika melahirkan di bidan praktik, tidak semua bidan mau melaksanakan IMD pada pasiennya. Ketika sebelum melahirkan, sebaiknya Anda meminta atau berpesan dahulu pada penolong persalinan untuk dapat melakukan IMD pada bayi Anda.

Nah, IMD disinyalir dapat menurunkan angka kematian bayi dan dapat meningkatkan kemauan bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif. Masih banyak lagi manfaat lain dari melakukan IMD. IMD merupakan salah datu prinsip pemberian ASI sedini mungkin, eksklusif selama 6 bulan dan diteruskan sampai usia 2 tahun. Melakukan IMD dapat meningkatkan ikatan kasih sayang pada anak (asih), memberikan nutrisi terbaik (asuh) serta melatih refleks dan motorik bayi (asah).

Ketika Anda dapat melakukan IMD, maka manfaat yang Anda dapatkan adalah manfaat untuk seumur hidup anak. Anda pun juga tidak menyesal, telah mampu melakukan IMD. Karena IMD tidak dapat diulangi pada kesempatan dan waktu yang lain. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan IMD:

Letakkan Bayi Tengkurap Di Dada Ibu

Bayi mendapatkan Inisiasi Menyusu Dini
Bayi mendapatkan Inisiasi Menyusu Dini

Langkah pertama dalam melakukan inisiasi menyusu dini yaitu setelah bayi terlahir dan dikeringkan serta tali pusat sudah dipotong dan diikat, kemudian meletakkan bayi di atas dada ibu dengan keadaan tengkurap. Ketika mengeringkan bayi, usahakan punggung tangan bayi jangan dikeringkan. Bau cairan air ketuban pada tangan bayi dapat membantu bayi mencari puting ibunya yang berbau sama.

Tengkurapkan bayi dengan posisi bahu lurus, agar bayi dapat menempel pada dada ibu. Kepala bayi berada diantara payudara ibu, namun letaknya lebih rendah dari puting. Ketika bayi keadaan tengkurap, Anda dan bayi Anda sebaiknya diselimuti dan bayi diberi topi. Lakukan cara ini hingga paling sedikit selama satu jam. Ibu harus memeluk dan membelai bayinya. Jika perlu, letakkan bantal di bawah kepala ibu untuk mempermudah kontak dengan bayi.

Biarkan Bayi Mencari Dan Menemukan Puting Ibu Dan Mulai Menyusu

Bayi Berusaha Mencari Puting Ibu
Bayi Berusaha Mencari Puting Ibu

Ketika bayi Anda letakkan di atas dada selama satu jam, biarkan bayi mencari dan menemukan puting ibu dan mulai menyusu. Jangan sampai ada orang lain yang menyerukan atau mengarahkan bayi untuk menemukan puting ibu. Biasanya, yang banyak terjadi adalah memindahkan bayi dari satu puting ke puting yang lain. Hal ini jangan sampai dilakukan, karena bayi cukup menyusu pada satu payudara saja. Menyusu pertama kali berkisan antara 10-15 menit.

Sebagian besar bayi akan berhasil menemukan puting ibu dalam waktu 30-60 menit, tetapi biarkan bayi kontak dengan ibu selama 1 jam. Apabila bayi harus segera dipindah dari ruang bersalin sebelum 1 jam atau sebelum bayi menyusu, usahakan ibu dan bayi dapat dipindah secara bersamaan dan bayi tetap berada diatas dada ibu. Ketika bayi Anda tidak segera menemukan puting, padahal sudah lebih dari 1 jam, maka kepala bayi lebih dekatkan lagi dengan puting, agar bayi dapat segera menemukan.

Melakukan dekapan terhadap bayi bukan hanya pada saat IMD, namun ketika bayi Anda memiliki suhu tubuh yang lebih rendah yaitu ditandai dengan mendinginnya kaki bayi, maka segera lakukan metode seperti IMD. Bayi akan kontak dengan kulit ibu, sehingga akan mendapatkan kehangatan, namun Anda jangan sampai lupa ketika memberikan terapi ini, bayi tetap mengenakan topi agar tetap hangat.

Nah, kini Anda sudah tahu apa manfaat IMD, jangan sampai Anda terlewatkan untuk tidak memberikan IMD pada bayi Anda. Agar bayi tetap sehat dan mengkonsumsi ASI sejak dini. Selamat mencoba!