Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Sponsored Links

Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Anda sudah tahu kan daun katuk? Nah, daun katuk ternyata memiliki khasiat yang sangat manjur untuk kesehatan tubuh. Anda mungkin selama ini hanya sekedar mengkonsumsi saja, tidak terlalu memperhatikan bagaimana khasiatnya.

Daun katuk banyak terdapat di Indonesia, sehingga Anda juga mudah untuk mendapatkannya. Daun katuk juga banyak terjual bebas di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Bagi Anda yang suka berkebun, sangat direkomndasikan untuk menanam daun katuk, karena pohon katuk mudah untuk hidup. Hanya saja Anda rajin untuk menyiramnya, pasti pohon katuk akan lebih cepat tumbuh.

Ketika Anda memiliki pohon katuk atau berarti Anda sedang memiliki segudang solusi untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan pada diri Anda dan keluarga Anda. Nah, sebenarnya apa saja sih khasiat daun katuk untuk kesehatan? Simak selengkapnya!!

Pelancar ASI

Bagi Anda para ibu yang menyusui, daun katuk merupakan malaikat penolong yang hadir untuk Anda setiap saat. Ketika di awal-awal kelahiran bayi Anda, mungkin Anda mengalami suatu masalah terkait ASI. Biasanya ASI yang keluar dari puting ibu sangat sedikit atau bahkan belum keluar sama sekali. Nah, denga Bunda mengkonsumsi daun katuk niscaya ASI Anda secara berangsur akan semakin lancar dan keluar sangat banyak.

Ketika Anda baru melahirkan, sebaiknya secara rutin untuk mengkonsumsi daun katuk, yaitu dengan cara disayur, orang jawa biasanya mengolah daun katuk menjadi sayur bening. Hal ini bertujuan, kandungan pada daun katuk yang terlarut dalam air masih dapat dikonsumsi dan bermanfaat. Namun, ketika ASI Anda sudah lancar, sebaiknya Anda berhenti untuk mengkonsumsinya. Mungkin Anda dapat secara rutin untuk mengkonsumsi daun katuk 1-2 kali dalam seminggu dengan tujuan untuk menjaga ASI Anda tetap lancar.

Memperlancar ASI
Memperlancar ASI

Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu macam dari kekurangan zat gizi, yaitu kekurangan zat besi dalam darah. Pada daun katuk terdapat kandungan zat besi. Sehingga sangat masuk akal jika khasiat daun katuk salah satunya yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Pada 100g daun katuk memiliki kandungan zat besi sebanyak 2,7mg. Ketika Anda rutin untuk mengkonsumsi daun katuk, maka Anda juga secara terus menerus mendapatkan suplai zat besi untuk tubuh Anda, dengan demikian kebutuhan zat besi dapat terpenuhi. Jika dibandingkan dengan mengkonsumsi tablet Fe, saya lebih merekomendasikan Anda untuk dapat mengkonsumsi daun katuk secara rutin. Karena daun katuk masih herbal dan Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang efek sampingnya.

Menurunkan Demam

Kandungan yang terdapat dalam daun katuk, salah saatunya dapat menurunkan demam pada Anda atau anak-anak. Cukup mudah untuk melakukannya, Anda cukup memasak daun katuk kemudian memberikan sayur katuk untuk Anak Anda yang sedang demam. Ketika Anda memasak daun katuk menjadi sayur bening, ini dapat memudahkan anak Anda untuk dapat makan, karena berkuah sehingga meningkatkan selera makan anak. Sebaiknya Anda menyajikan ketika masih dalam kondisi hangat, agar anak semakin tertarik untuk mengkonsumsinya.

Pencegah Osteoporosis

Fungsi daun katuk pada tulang yaitu mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Osteoporosis merupakan salah satu akibat dari kekurangan kalsium pada tulang. Kekurangan kalsium dalam jangka waktu yang lama dapat membuat tulang Anda menjadi keropos atau sering disebut dengan osteoporosis. Nah, daun katuk juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Setiap 100g daun katuk, memiliki kandungan kalsium sebanyak 204mg, jumlah ini tergolong besar jika dibandingkan dengan kandungan kalsium yang terdapat pada daun kol.

Bagi Anda yang ingin tetap memiliki tulang yang kuat, Anda dapat mengkonsumsi daun katuk secara rutin. Selain itu, kebiasaan minum susu juga sangat dianjurkan agar usaha Anda berjalan sempurna dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal ini juga ditunjang dengan aktivitas fisik atau olah raga, kepadatan tulang Anda tetap terbentuk.

Mencegah Terjadinya Osteoporosis
Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Sebagai Sumber Vitamin C Yang Tinggi

Manfaat daun katuk berikutnya adalah sebagai sumber vitamin C. Mungkin selama ini Anda menganggap sumber vitamin C hanya terdapat pada buah-buahan seperti jeruk. Coba Anda ingat, ketika Anda mengkonsumsi daun katuk, apakah Anda merasakan sedikit rasa asam? Nah, jika iya memang sewajarnya karena daun katuk memiliki kandungan vitamin C.

Pada saat Anda atau anak Anda yang masih balita sedang mengalami sariawan, sangat dianjurkan untuk berturut-turut Anda memberikan sayur daun katu untuk anak Anda. Kandungan vitamin C dalam daun katuk akan mempercepat sembuhnya sariawan pada anak, selain itu dalam jangka panjang daun katuk akan mencegah anak Anda terkena sariawan lagi.

Sayur Bening Daun Katuk Sumber Vitamin C
Sayur Bening Daun Katuk Sumber Vitamin C

Menyembuhkan Dan Mencegah Influenza

Influenza sering dianggap sebagai salah satu penyakit yang tidak terlalu bermasalah bagi kesehatan Anda. Namun, sebenarnya influenza itu sangat mengganggu, apalagi ketika produksi ingus pada fase maksimal. Pasti Anda sangat risih. Maka dari itu, lebih baik secara maksimal untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin C yang terkandung dalam daun katuk bermanfaat sebagai pertahanan tubuh. Anda yang sedang mengalami flu, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi daun katu. Karena Anda akan segera mendapatkan manfaat dari daun katu. Agar flu segera pergi dari tubuh Anda, imbangi dengan memperbanyak minum air putih. Selain itu, usahakan Anda juga dapat memberikan istirahat yang cukup agar tubuh Anda dapat segera pulih dan sehat kembali.

Kaya Klorofil

Apakah Anda tahu, daun katuk mengandung klorofil yang paling banyak diantara dedaunan yang lain. Memang, kandungan air yang dihasilkan dari daun katuk tidak berwarna hijau pekat, walaupun klorofil yang dikandungnya sangat banyak.

Klorofil berfungsi untuk membantu tubuh dalam membersihkan jaringan tubuh yang telah rusak atau membantu membuang sisa-sisa dari metabolisme. Selain itu, klorofil juga berkhasiat sebagai antioksidan sehingga dapat mengatasi parasit, bakteri dan virus yang berada dalam tubuh Anda. Hasil dari pembersihan di dalam tubuh, akan dikeluarkan bersama urin atau feses Anda.

Nah, sangat besar bukan manfaat dari daun katuk? Apakah Anda masih meragukan atau meremehkan kandungan gizi dari daun katuk?

Pengusir Penyakit Kulit Dan Bisul

Khasiat daun katuk yang terakhir yaitu berfungsi sebagai pengusir penyakit kulit dan bisul. Kok bisa? Iya, seperti yang telah diulas pada sub bab di atas. Bahwa daun katuk memilki kandungan klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu menghilangkan bakteri atau virus.

Coba, kita tinjau kembali. Sebenarnya apa sih penyebab dari gatal dan bisul? Penyebab dari gatal atau bisul yaitu bakteri yang menyerang pada kulit. Mungkin Anda tidak percaya, apakah benar daun katuk dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit? Mungkin memang Anda belum pernah mendengar tentang khasiat yang satu ini. Karena pada umunya daun katuk bermanfaat untuk berbagai penyakit yang ada dalam tubuh.

Untuk menyembuhkan penykit kulit atau bisul, Anda dapat mengambil segenggam daun katuk kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu, daun digiling sampai halus. Setelah daun halus, tambahkan air matang seperempat gelas dan tambahkan setengah sendok teh garam halus. Aduk adonan daun katuk, air dan garam hingga merata, setelah itu peraslah. Air perasan daun katuk bisa langsung Anda minum, sedangkan Ampasnya Anda gosok-gosokkan pada bagian yang gatal/ bisul. Anda dapat melakukan ini pada pagi dan sore hari, hingga gatal Anda benar-benar sembuh.

Nah, sangat banyak sekali kan khasiat herbal daun katuk. Anda pasti tidak menyesal untuk rutin mengkonsumsi daun katuk. Semoga bermanfaat.