Informasi Jadwal Imunisasi Bayi

Sponsored Links

Jadwal Imunisasi Bayi

Kesehatan tubuh anak di masa mendatang tergantung dari Orang Tuanya sendiri kapan anak tersebut di Imunisasi. Bagi anda yang belum tahu apa itu Imunisasi maka saya akan menjelaskan secara singkat pengertian dari Imunisasi itu sendiri, Imunisasi bayi yaitu pemberian Vaksin/ Insulin ataupun disebut dengan anti body yang bertujuan untuk menjadi pertahanan dari sistem imun bayi. Yang mana biasanya Vaksin yang diberikan pada saat Imunisasi yaitu Vaksin Campak, kemudian Vaksin Thipus, Vaksin Hepatitis, Vaksin DPT, Vaksin BCG, Vaksin Hepatitis B, Vaksin Verisella dan juga imunisasi lainnya, Kalau kalian tahu bahwa sebenarnya vaksin yang diberikan kepada bayi di usia Dini merupakan Virus yang sudah dilemahkan. Sehingga menjadi anti body yang sangat ampuh untuk mempertahankan diri.  Sehingga pada saat ada anak yang terserang penyakit yang sudah saya sebutkan diatas, maka bisa jadi anak anda akan menjadi lebih kebal, Tapi biasanya vaksin ini juga akan membuat Tubuh anda anda menjadi panas dingin, karena ada beberapa pertentangan dari sel darah putih sebagai sistem pertahanan tubuh.

Jadwal Imunisasi Untuk Bayi

Nah untuk itu maka jadilah orang tua yang mempunyai perhatian yang tinggi untuk anak kalian nanti, ok langsung saja saya akan memberikan beberapa Jadwal yang benar untuk Imunisasi anak anda ketika anak anda sudah lahir. Berikut jadwal imunisasi bayi yang benar :

Untuk pertama kali vaksin yang diberikan pada saat bayi lahir dalam umur 12 jam maka Vaksin Hepatitis B sudah langsung diberikan pada anak.

Vaksin Polio

Vaksin polio ini biasanya akan diberikan pada saat kunjungan awal anda dengan anak anda, dimana vaksin polio ini akan diberikan untuk anak anda yang sudah berumur sekitar 1 hari, yang mana pemberian vaksin Polio ini sangat bertahap mulai dari Polio-1, Kemudian Polio-2 dan juga polio-3. Dan akan terus diberikan pada saat anda masih ada di Rumah sakit.

Vaksin BCG

Untuk jenis Vaksin BCG ini normalnya diberikan kepada anak yang sudah berumur sekitarv 2-3 bulanan dimana anak yang sudah siap menerima Vaksin ini akan di lakukan terlebih dahulu yang namanya observasi selama 7 hari, jika Observasi tidak memungkinkan biasanya pemberian Vaksin BCG ini akan di undur untuk bulan kedepannya, saya juga belum tahu pasti seperti apa observasi kepada anak yang akan menerima vaksin BCG ini. Yang pasti jika Observasi sudah memungkinkan anak akan mendapatkan suntikan dari Vaksin BCG ini.

Vaksin DPT

Kemudian untuk Vaksin DPT akan diberikan kepada anak anda yang sudah berumur lebih dari 6 Mingguan, yang mana anak akan sudah siap menerima Vaksin ini juga sudah pernah menerima Vaksin sebelumnya yaitu vaksin DPT 1 dengan kelanjutan vaksin DTwp Dan Dtap. Atau juga bisa dikombinasikan dengan vaksin Hepatitis B dan juga HIB. Kemudian jika anda  sudah berumur 7 tahun dan belum sempat menerima Vaksin satu ini maka anda bisa memberikan imunisasi vaksin TD untuk anak anda.

Vaksin Campak

Merupakan vaksin yang termasuk dari program BIAS yang mana sudah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan, dimana anda sudah bisa mendapatkannya untuk umur sekitar 9 bulanan. Kemudian Vaksin penguat dari Turunan Vaksin ini akan diberikan pada umur 5-7 Tahunan. Program ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh kementerian Kesehatan.

Jadwal Imunisasi Bayi
Jadwal Imunisasi Bayi

Kemudian untu vaksin yang bertahap selanjutnya dari vaksin Campak ini :

  • Vaksin Pneomokokus
  • Vaksin Rotavirus
  • Vaksin Pentavalen
  • Vaksin Varisela
  • Vaksin MMR
  • Vaksin Imfluenza
  • Vaksin HVN
  • Dan vaksin lainnya

Itulah tulisan sederhana dari kami tentang informasi jadwal imunisasi bayi, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda. Jika merasa manfaat tolong di share ya, biar banyak yang tahu jika informasi jadwal imuninsasi bayi yang pas dan terbaik. Sehingga akan banyak bayi-bayi yang sehat dan kuat untuk Indonesia.