Eksim – Salah Satu Macam Penyakit Kulit Beserta Ciri Dan Penyebab Serta Cara Penyembuhannya

Sponsored Links

Saat di tanya tentang penyakit kulit, langsung dalam pikiran kita teringat pada Panu, Kadas Dan Kurap. Karena di iklan telivisi yang sering muncul masalah penyakit kulit salah satunya adalah 3 penyakit tersebut. Sebenarnya banyak macam penyakit kulit yang bisa menyerang kapan saja dan siapa saja baik anak anak maupun desasa. Beberapa penyakit kulit ada yang tidak bahaya, tapi membuat penampilan menjadi kurang, minder , kurang percaya diri, kadang si penderita di jauhi orang sekitar karena takut tertular dengan penyakit kulit tersebut atau membuat kita jadi marah misalnya penyakit gatal yang akhirnya kita menjadi jengkel karena sering menggaruk dan membuat tidak nyaman.

Penyakit Kulit Eksim ( Source Wikipedia)
Penyakit Kulit Eksim ( Source Wikipedia)

Kadang Penyakit kulit juga di sebabkan oleh penderita, contoh tidak menjaga kebersihan badan, tidak suka mandi dan lain lain sehingga mengakibatkan timbulnya jamur di kulit kita. Awalnya tidak terasa, tapi setelah banyak dan sadar ternyata penyakit kulit tersebut sudah menjalar kemana mana. Selain itu, ada juga penyakit kulit yang di sebabkan karena terkena virus, lingkungan yang kurang bersih atau terkontaminasi dan banyak yang lain penyebabnya.

Salah satu  macam penyakit kulit yang akan kita bahas adalah Eksim.

Salah satu tanda tanda penyakit eksim adalah adanya iritasi dan radang pada tubuh. Dan penderita akan merakan rasa gatal yang berlebih. Kulit memerah, pecah pecah mirip bibir pecah pecah serta bersisik, pada kulit biasanya akan timbul gelembung kecil yang isinya berupa air bahkan jika sudah parah bisa berupa nanah. Bagian tubuh yang sering terkena eksim antara lain tangan, lipatan tangan, kaki, lipatan kaki dan paha serta di telinga. Seperti halnya penyakit kulit lainnya, eksim juga menyebabkan gatal gatal jadi harus hati hati saat menggaruk biar tidak terkena infeksi.

Penyebab terkena eksim bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti alergi, cuaca, makanan, kosmetik dan lain lain. Macam penyakit kulit eksim ini, yaitu Dermatitis kontak, Dermatitis Atopik, Eksim stasis dan Eksim Numular. Bagian tubuh tertentu saja yang di serang, tetapi saat penderita sudah terkena maka kulit akan memerah dan bersisik. Dalam referensi yang lain, Eksim di bagi menjadi 2 yaitu eksim basah dan eksim kering. Adapun eksim basah akan merasakan panas dan dingin yang berlebihan di kulit dari pada eksim kering.

Jika anda terkena penyakit eksim hati hati bersentuhan dengan zat zat kimia seperti sabun, detergen, obat obatan kulit dan komestik. Dan hindari pula makanan yang bisa menyebabkan alergi pada tubuh anda misalnya udang, ikan laut , telur, ayam ataupun makanan makanan yang mengandung penyedap rasa yang tinggi. Saat keluar rumah, anda mudah terkena alergi terhadap debu di harapkan memakai pakaian yang lengkap, karena cuaca , iklim , debu dan faktor lingkungan yang lain bisa memperparah penyakit eksim tersebut.

Beberapa cara penyembuhan terhadap penyakit eksim :
1. Atur pola makan, terutama yang bisa mengakibatkan alergi.
2. Jika alergi dengan cuaca atau iklim , sebaiknya gunakan pakaian yang lengkap saat keluar dan gunakan masker.
3. Tenangkan pikiran, karena salah satu cara untuk sembuh yaitu dengan cara mengontrol emosi.
4. Untuk sementara waktu, hindari bersentuhan langsung dengan bahan bahan kimia terutama kosmetik dan sabun.
5. Gunakan Salep atau Krim yang mengandung Kortikosteroid seperti hydrokortison tujuaanya untuk mengurangi proses keradangan.
6. Berdoa Kepada Tuhan YME untuk di beri kesembuhan.