Dampak Tidur Terlalu Malam Untuk Kesehatan

Sponsored Links

Apakah Anda adalah salah satu pekerja yang berada di shift malam? Atau mungkin Anda adalah orang yang sedang mengalami kesulitan tidur awal? Masih banyak orang yang memiliki pola hidup terbalik dengan orang pada umumnya. Hal ini dapat terjadi karena aktifitas setiap orang berbeda-beda dan memiliki kepentingan masing-masing. Namun yang menjadi masalah adalah orang yang terbiasa tidur menjelang pagi hanya karena nongkrong atau begadang yang tidak ada gunanya.

Seberapa jauhkah Anda memahami apa saja dampak yang akan diterima oleh orang yang tidur terlalu malam. Secara logika kita sudah dapat berpendapat bahwa orang yang kekuranagan tidur mudah mengalami sakit dan mendapatkan berbagai resiko. Nah, bagimana jika memang seseorang itu siklus hidupnya dibalik.Siang hari lebih banyak digunakan untuk tidur dan braktivitas pada malam hari. Walaupun jam tidur orang tersebut sudah memenuhi batas minimal waktu istirahat, apakah juga masih memiliki resiko untuk kesehatan tubuhnya? Jawabannya adalah, mereka masih tetap memiliki resiko terhadap kesehatan tubuhnya.

Larangan untuk memiliki kebiasaan begadang sesungguhnya sudah berlaku sejak zamannya Nabi Muhammad. Jadi sesungguhnya Nabi Muhammad itu tidak suka begadang. Begadang hanya saja jika memiliki urusan yang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan. Dahulu nabi memiliki kebiasaan untuk segera tidur setelah sholat isya’. Tujuan nabi pada saat itu memang mungkin hanya untuk menjaga agamanya, yaitu dapat bangun malam dan melakukan sholat hajat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak para ilmuwan yang terus menggali pola hidup manusia. Sehingga pada akhirnya menemukan sejumlah fakta penting tentang bahaya tidur terlalu malam untuk kesehatan. Simak selengkapnya!!

Menurunkan Sistem Imunitas Tubuh

Sistem Imunitas Menurun Karena Tidur Terlalu Malam
Sistem Imunitas Menurun Karena Tidur Terlalu Malam

Dampak tidur terlalu malam yang pertama yaitu menurunkan sistem imunitas tubuh. Secara nyata, orang yang sering melakukan begadang pasti mereka memiliki tubuh yang tidak bugar. Kebanyakan hanya akan mengalami tubuh yang loyo dan tidak bersemangat. Apalagi mereka yang tidak terbiasa begadang, ketika melakukan begadang walaupun hanya sekali, mereka merasa kurang tidur selama beberapa hari ke depan. Kenapa terjadi demikian? Karena orang yang tidak tidur malam tidak memiliki waktu yang berkualitas untuk tidur.

Secara ilmu kedokteran, pada saat tidur di malam hari tubuh mengalami perbaikan dan produksi sel-sel baru untuk membantu tubuh agar tetap sehat. Setelah satu hari penuh melakukan aktivitas dan Anda beristirahat di malam hari, keesokan harinya pasti sudah bugar kembali dan siap untuk melakukan aktivitas lagi. Nah, inilah bukti nyata dari kinerja organ-organ tubuh pada saat Anda tidur di malam hari. Seluruh organ tubuh akan beristirahat, selain itu juga akan melakukan revitalisasi sel-sel yang rusak dan.

Nah, ternyata tidur terlalu larut malam juga akan merusak sel-sel darah putih. Tahukan Anda sistem imun salah satunya yaitu dari sel darah putih yang bertugas untuk menetralisir berbagai bakteri dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Apabila sel darah Anda melemah atau berkurang dalam jumlah yang banyak maka kekebalan tubuh Anda berangsur juga akan melemah. Pada saat sistempertahanan tubuh menjadi lemah, niscaya berbagai penyakit dengan mudahnya untuk masuk dan menyerang kesehatan Anda.

Hasil riset yang lain juga mendapatkan hasil bahwa produksi sel darah merah terjadi mulai dari jam 23.00 yaitu pada saat Anda tertidur pulas. Nah, jika Anda tidur terlalu malam dan melewati batas waktu tersebut, maka produksi sel darah merah dalam tubuh Anda juga tidak akan berjalan maksimal. Dengan demikian Anda tidak memiliki suplai darah merah yang cukup, sehingga tubuh Anda pun juga mudah mengalami lesu.

Mengalami Diabetes

Diabetes Adalah Salah Satu Dampak Tidur Terlalu Malam
Diabetes Adalah Salah Satu Dampak Tidur Terlalu Malam

Diabetes adalah salah satu dampak dari tidur terlalu malam. Anda tentunya sudah sangat familiar dengan penyakit yang satu ini. Diabetes terjadi ketika kadar glukosa dalam darah Anda melampaui batas kadar maksimal. Jika dilogikanya, kadar glukosa kan berasal dari makanan, jadi yang berpengruh terhadap terjadinya diabetes berarti makanan. Nah, kenapa tidur juga berpengaruh terhadap diabetes?

Ini yang perlu Anda ketahui, bahwa tidur terlalu malam juga akan merusak hormon-hormon yang berada di dalam tubuh, salah satunya yaitu hormon insulin. Hormon insulin berfungsi untuk menguraikan kadar gula yang beredar di dalam darah. Nah, jika terjadi penurunan produksi insulin, berarti tubuh dapat menjadi tidak toleran lagi terhadap glukosa yang berada di dalam darah. Seiring berjalannya waktu, kadar glukosa dalam darah secara nyata akan meningkat hingga melebihi ambang batas, dengan demikian seseorang dapat menderita penyakit diabetes.

Kebiasaan lain dari orang yang sering melakukan tidur larut malam adalah makan atau minum minuman manis. Nah, yang kebiasaan ini dapat mendukung segera terjadi penyakit diabetes. Anda ketika tidur larut malam pasti akan merasa cepat merasa lapar, akhirnya Anda mencari segala sesuatu yang dapat mengganjal perut. Contoh yang biasa dikonsumsi yaitu makanan-makanan instan atau berupa teh dan kopi. Mungkin Anda hanya memperhatikan yang penting perut terisi, dan Anda tidak memperhatikan berapa jam lagi akan tidur. Padahal kebiasaam makan sebelum tidur ini juga akan memicu Anda terkena diabetes, karena pada sat tidur hormon insulin tidak banyak terproduksi.

Sakit Kepala Yang Dapat Merusak Otak

Sakit Kepala Karena Tidur Terlalu Malam
Sakit Kepala Karena Tidur Terlalu Malam

Dampak tidur terlalu malam yang satu ini sangat jelas Anda rasakan. Apakah Anda pernah atau bahkan sering merasa pusing saat bangun dari tidur? Apakah Anda tahu penyebabnya? Nah, inilah salah satu dampak yang langsung dirasakan oleh orang yang sering tidur terlarut malam. Mungkin pusing yang Anda rasakan juga termasuk dalam kategori ini. Kualitas tidur seseorang yang tidurnya lebih awal dengan orang yang tidur terlarut malam memang berbeda, walaupun panjang jam tidurnya sama. Misal Anda istirahat pada malam hari rata-rata 5 jam. Nah, ketika Anda tidur lebih awal dan bangun pada saat sepertiga malam yang akhir itu lebih baik daripada Anda tidur terlarut malam dan bangun pada pagi hari.t

Sakit kepala ini terjadi karena tubuh tidak dapat beristirahat dengan baik dan maksimal. Pada saat Anda bangun, kepala akan terasa berat dan terus menerus. Sakit kepala tersebut bisa dikatakan sebagai tanda Anda mengalami gegar otak kecil. Jika kebiasaan tidur itu terus berlanjut, maka Anda akan semakin beresiko untuk mengalami kerusalakn sel-sel otak yang semakin parah.

Dalam sebuah riset menyatakan bahwa, otak akan berkembang dan mengalami pergantian sel-sel syaraf yang rusak pada saat malam hari ketika seseorang sedang tidur. Otak akan berkembang secara maksimal di pertengahan malam hari. Nah, jika Anda bukan termasuk orang yang tidur pada awal malam, kemudian kapan otak Anda akan bekerja untuk menggantikan sel-sel yang rusak?

Mengidap Kanker Hati

Kanker Hati Akibat Tidur Terlalu Malam
Kanker Hati Akibat Tidur Terlalu Malam

Kanker hati merupakan poin terakhir dari bahaya tidur terlalu malam untuk kesehatan. Kenapa dapat terjadi demikian? Hasil dari pengumpulan data dari fakultas kedokteran UGM, mendapat kan hasil bahwa kebiasaan tidur terlarut malam dan bangun terlalu siang adalah salah satu penyebab utama dari terjadinya kerusakan hati, salah satunya yaitu kanker hati.

Nah, hati kita juga memiliki fase-fase waktu tersendiri dalam membuang racun-racun dalam tubuh. Pada saat Anda tidur di malam hari, hati akan memproduksi zat untuk mereduksi jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh. Adapun di pagi hari, hati juga memproduksi zat tersebut. Sedangkan di pagi hari Anda masih dalam kondisi tidur, Nah zat tersebut akhirnya akan meracuni hati itu sendiri dan terjadi kerusakan hati. Sangat berbahaya bukan?

Demikianlah uraian mengenai dampak tidur terlalu malam untuk kesehatan. Mungkin mulai saat ini coba atur kembali jadwal tidur Anda agar jangan sampai begadang. Jika pekerjaan yang Anda lakukan dapat dialihkan pada siang hari, maka lakukanlah pada siang hari. Alternatif lain adalah, Anda dapat menyegerakan tidur awal dan bangun lebih pagi, agar tetap dapat menyelesaika pekerjaan di pagi hari. Pada awalnya mungkin akan kesulitan dalam memulai, tapi lebih baik Anda segera memulai daripada akan mendapatkan berbagai dampak di akhir hari nanti. Semoga bermanfaat.