Cara Mudah Mencegah Dan Mengobati Influenza

Sponsored Links

Cara Mudah Mencegah Dan Mengobati Influenza

Influenza atau orang sering menyebutnya dengan kat flu. Iya, memang benar banyak orang menganggp flu merupakan penyakit ringan dan mudah menyerang siapa pun. Walaupun flu biasanya dalam waktu 1 minggu akan sembuh dengan sendirinya, akan tetapi Anda jangan sekali-kali menganggap remeh suatu penyakit, termasuk flu. Flu mudah menyerang, namun belum tentu flu mudah untuk disembuhkan. Flu dapat menjadi salah satu indikator bahwa akan terjadi/ telah terjadi ketidakseimbangan tubuh dan terjadi gangguan kesehatan lainnya.

Selain itu, flu juga dapat mengakibatkan beberapa penyakit penyerta. Maka sekali lagi Anda jangan meremehkan flu yang menyerang tubuh Anda. Bagaimanakah cara mudah mencegah dan mengobati influenza? Simak artikel berikut selengkapnya.

Apa Itu Influenza?

Influenza adalah penyakit virus akut yang menyerang saluran pernafasan ditandai dengan timbulnya demam, menggigil, sakit kepala, mialgia, lesi, coryza, sakit tenggorokan, nyeri otot, rasa tidak nyaman secara umum dan batuk. Batuk biasanya keras dan panjang namun gejala-gejala lainnya biasanya hilang dengan sendirinya. Gejala klinis dapat berupa Common cold, Croup, bronchiolitis, pneumonia akibat virus dan penyakit pernafasan akut lain yang tidak jelas. Gejala yang timbul pada saluran pencernaan seperti mual, muntah dan diare namun sangat jarang terjadi, tetapi bisa saja gejala tersebut terjadi menyertai fase pernafasan pada anak yang terserang influenza

Flu biasanya sembuh dalam waktu 2-7 hari. Namun jika hingga 7 hari tidak kunjung sembuh, Anda akan mengalami flu secara berkepanjangan. Penyakit flu merupakan penyakit menular dan dapat menimpa siapapun.

Penyebab Influenza

Influenza merupakan salah satu bentuk dari penyakit menular yang dibawa oleh golongan virus RNA dari famili Orthomyxoviridae. Penyebab influenza adalah virus dengan 3 macam tipe yaitu tipe A, B dan C. Tipe A terdiri dari 3 subtipe (H1N1, H2N2 dan H3N2) yang dikaitkan dengan terjadinya epidemi dan pandemi yang luas. Sedangkan untuk tipe B dan C jarang menimbulkan terjadinya KLB.

Virus Penyebab Influenza
Virus Penyebab Influenza

Penularan Virus influenza

Virus influenza dapat menular melalui udara, terutama pada daerah yang padat penduduk dan pada ruang tertutup seperti pada bis sekolah. Penularan juga dapat terjadi secara langsung yaitu kontak langsung dengan penderita. Media penularan yang lain yaitu dapat melalui minuman, peralatan makan serta droplet yang keluar ketika batuk dan bersin. Virus influenza dapat hidup berjam-jam di luar tubuh manusia, khususnya di daerah yang memiliki kelembaban udara yang rendah. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mengalami flu, jangan sembarangan membuang ingus dan usahakan menutup mulut ketika bersin agar droplet yang mengandung virus tidak banyak keluar. Seseorang mengalami influenza biasanya setelah 1-3 hari sejak terpapar virus.

Membuang Ingus Sembarangan
Membuang Ingus Sembarangan

Cara Mencegah Influenza

Influenza dapat menyerang siapa saja, kapan pun dan di mana pun berada. Anda adalah salah satu orang yang beresiko untuk tertular virus influenza. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara mencegah influenza agar tidak menyerang Anda. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tetap sehat tanpa flu:

1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga dapat menjaga keseimbangan tubuh Anda. Apalagi jika Anda dapat berolahraga di luar ruangan dan terkena sinar matahari, maka tubuh Anda secara langsung juga mendapatkan vitamin D yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh.

2. Menggunakan Masker Saat di Jalan

Jika Anda tergolong orang yang sensitif atau alergi dengan debu, maka ketika Anda berkendara gunakanlah masker sebagai pelindung dari paparan debu. Dengan demikian Anda akan lebih aman untuk tidak termasuki virus influenza yag berada dalam debu.

3. Mencuci Tangan

Cucilah tangan Anda setelah berkendara atau setelah melakukan aktifitas yang berhubungan langsung dengan debu. Anda menggunakan sabun dalam mencuci tangan, yang mana fungsi sabun sebagai pembasmi bakteri. Ketika Anda dari kamar mandi atau mau menyentuh makanan, biasakanlah juga untuk mencuci tangan menggunakan sabun.

4. Menjaga Jarak

Tidak dapat dipungkiri bahwa penularan penyakit itu berasal dari sumbernya. Jika Anda dalam kondisi yang kurang fit atau mudah untuk tertular flu, maka ketika orang-orang di sekitar Anda mengalami flu lebih baik Anda untuk sementara menghindar dari mereka agar tidak tertular flu.

5. Melakukan Vaksinasi

Vaksinasi untuk flu pada saat ini sudah mulai banyak digunakan. Karena terbukti efektif untuk melindungi diri dari flu, maka tidak ada salahnya jika Anda juga mendapatkan vaksinasi flu. Vaksinasi di utamakan untuk Anda yang memiliki riwayat asma, pneumonia, sedang hamil dan memiliki penyakit-penyakit yang tergolong berat, agar Anda tidak semakin terganggu oleh flu.

Cara Mudah Mengobati Influenza

Jika Anda mengalami flu, maka segeralah mengambil tindakan, agar flu tidak terlalu lama menyerang tubuh Anda. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengobati flu yang Anda derita:

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Kuman penyebab flu masuk melalui pernapasan dan otomatis melalui tenggorokan, maka dari itu dengan Anda memperbanyak minum air putih kuman-kuman akan bersih dari tenggorokan Anda. Jumlah air yang dikonsumsi dalam sehari sebaiknya rata-rata 2 liter atau 8 gelas.

2. Memenuh kebutuhan vitamin D

Vitamin D sebagai pembentuk kekebalan tubuh, maka sebaiknya Anda melakukan aktifitas fisik di luar rumah agar mendapatkan sinar matahari.

3. Konsumsi buah dan sayur

Kandungan yang terdapat dalam buah dan sayur dapat membantu tubuh Anda memulihkan sistem kekebalan yang melemah. Yaitu dengan cara ketika Anda makan siang dan makan malam menggunakan sup sayuran atau olahan sayur yang lainnya. Selain itu, agar Anda semangat untuk makan buah-buahan, maka Anda dapat menkonsumsinya dalam bentuk salad, jus buah atau rujak. Sayuran yang mengandung bahan anti-flu yaitu sayuran yang berwarna hijau gelap, seperti daun katu, daun singkong, dll.

4. Beristirahat

Anda mengalami flu dapat disebabkan karena kelelahan atau terlalu banyak aktifitas yang menyita energi. Istirahat merupakan salah satu syarat wajib jika Anda ingin segera sembuh dari flu. Karena tubuh Anda akan memproduksi kekebalan tubuh secara maksimal ketika Anda sedang beristrahat.

5. Mandi Air Hangat

Ketika Anda mengalami flu, maka tubuh Anda membutuhkan suhu yang lebih hangat, agar flu segera menghilang. Apalagi jika Anda hidup didaerah yang dingin, maka sangat dianjurkan untuk mandi menggunakan air hangat.

6. Makan Makanan Pedas

Banyak orang awam yang menyebutkan bahwa mereka akan merasa lega ketika mereka mengalami flu makan makanan yang ekstra pedas. Tujuan mereka sebenarnya hanya untuk membantu melancarkan pernapasan ketika hidung tersumbat. Namun sebenarnya cabai memiliki kandungan capsaicin yang berfungsi efektif untuk membantu membersihkan rongga hidung. Makanan pedas dapat berasal dari bahan cabai atau lada, yang mana keduanya sama-sama efektif dalam membantu membersihkan rongga hidung.

7. Minum Ramuan Madu dan Jahe

Madu digunakan sebagai salah satu cara untuk mengobati flu karena madu memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi Anda tidak ada salahnya jika mencampurkan madu dengan jahe. Ambil 2 ruas jahe kemudian diparut dan di peras. Setelah air atau ekstrak jahe telah siap, tambahkan satu sendok madu. Buatlah ramuan ini 3 kali dalam sehari, niscaya flu Anda akan pergi.

Ramuan Madu Dan Jahe Untuk Mengobati Influenza
Ramuan Madu Dan Jahe Untuk Mengobati Influenza

Nah, sekarang Anda telah mengetahui apa penyebab flu dan bagaimana cara mencegah dan mengobati influenza. Pastikan ke depannya Anda dapat menjaga diri lebih baik agar tidak mudah sakit.