Cara Cepat Mengatasi Herpes Pada Bayi

Sponsored Links

Apakah Anda sedang memiliki bayi yang sedang herpes? Kasihan sekali bukan? Bayi Anda merasakan kesakitan namun tidak dapat mengungkapkan dengan kata-kata. Nah, Anda sebagai ibu yang bijak, sebaiknya segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengusir herpes dari tubuh bayi Anda.

Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Yang biasa menyerang anak-anak adalah virus herpes simpleks tipe 1. Infeksi yang terjadi pada anak-anak termasuk infeksi primer yang ditandai dengan panas dan lesu, biasanya berlangsung 1 minggu sebelum herpes muncul di permukaan tubuh. Nah, ketika herpes sudah muncul di permukaan tubuh yaitu seperti luka bakar yang memerah dan sedikit berair. Anda harus mengenali lebih detail gimana bentuk luka yang muncul pada bayi Anda. Agar Anda dapat segera mengenali bahwa itu adalah herpes, bukan gatal biasa.

Masyarakat awam banyak yang menyebut herpes dengan sebutan “dompo”. Nah, yang membuat repot adalah kepercayaan orang-orang dahulu bahwa dompo dapat segera sembuh jika diberi ramuan herbal. Namun yang meracik ramuan ini khusus seorang ibu yang pernah dinikahi oleh seorang duda yang memiliki anak. Ramuan tersebut terbuat dari pentil buah nangka yang di kunyah bersama gula merah kemudian disemburkan pada luka herpes.

Anda perlu memahami bahwa herpes bukan penyakit kutukan, namun penyakit yang disebabkan oleh virus, sehingga penanganannya harus lebih hati-hati agar tidak terjadi infeksi berulang. Nah, ketika Anda melakukan penyembuhan dengan cara tradisional seperti yang saya sebutkan di atas. Bukankah masih memungkinkan bahwa adanya infeksi lain selain dari herpes itu sendiri, karena belum tentu mullut seseorang yang membuat ramuan dalam keadaan bersih.

Berikut ini akan kami jelaskan secara rinci, bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi herpes pada bayi. Jika Anda melakukannya secara rutin dan bersungguh-sungguh, Insya Allah dalam waktu 3 hari, luka herpes pada anak Anda sudah mengeringdan mengelupas.

Bersihkan Luka Menggunakan Alkohol

Bersihkan Luka Dengan Alkohol
Bersihkan Luka Dengan Alkohol

Ketika Anda yakin bahwa bayi Anda terkena herpes maka segera bersihkan luka setiap sebelum mandi dengan menggunakan alkohol. Memang alkohol bersifat panas, maka nanti bayi Anda pasti akan menangis, namun hanya sementara. Anda memang harus tega, demi kesembuhan bayi Anda.

Cara membersihkannya yaitu dengan menuangkan sedikit alkohol pada kapas, kemudian oles-oleskan/ gosok-gosokkan ke luka herpes. Anda boleh sedikit menekan luka, agar cairan yang masih ada di dalam luka dapat keluar. Jika Anda rutin membersihkan, maka luka herpes anak Anda akan segera mengering.

Penggunaan alkohol bertujuan untuk membunuh kuman-kuman yang berada di luka herpes. Jika Anda telaten memberi alkohol, maka luka herpes tidak akan bertambah dan melebar. Manfaat dari penggunaan alkohol yaitu mempercepat luka untuk kering dan tidak membekas. Mungkin kulit disekitar luka herpes yang terkena alkohol akan kering dan lama-lama juga ikut mengelupas.

Beri Antiseptic

Beri Antiseptic Atau Obat Merah Pada Luka
Beri Antiseptic Atau Obat Merah Pada Luka

Setelah Anda membersihkan luka herpes menggunakan alkohol, langkah berikutnya yaitu berilah antiseptic atau obat merah pada luka herpes. Biarkan betadin hingga benar-benar kering, agar luka herpes pada anak Anda segera mengering. Betadin juga berfungsi sebagai disinfektan. Sehingga akan mencegah infeksi pada luka herpes.

Ketika Anda menuangkan betadin pada luka herpes, usahakan ujung botol antiseptic tidak sampai menempel pada luka herpes, agar virus tidak menempel dan berpindah ke kulit yang lain. Jika Anda khawatir, Anda dapat langsung menuangkan betadin ke kapas, kemudian oleskan ke luka herpes yang telah dibersihkan dengan alkohol. Namun, Anda jangan sampai menempelkan kapas ke luka herpes. Agar kapas tidak menempel ke luka. Apabila kapas menempel pada luka, ketika antiseptic kering maka kapas akan sulit dilepas dan jika dilepas akan menimbulkan rasa sakit.

Setelah Anda beri antiseptic, usahakan jangan segera dimandikan. Biarkan betadin benar-benar mengering. Kira-kira jarak antara pemberian antiseptic dan memandikan bayi berkisar antara 20-30 menit. Dengan demikian betadin benar-benar bermanfaat sebagai desinfektan.

Gunakan Sabun Herbal

Sabun Herbal Untuk Membasuh Luka Herpes
Sabun Herbal Untuk Membasuh Luka Herpes

Untuk perlindungan alami dan sempurna, Anda gunakan sabun herbal untuk memandikan bayi Anda. Sabun herbal yang dimaksudkan yaitu sabun yang digunakan untuk kulit gatal dan berbahan dari bahan-bahan alami. Anda dapat membelinya di apotek. Anda cukup menyebutkan sabun bayi herbal untuk menyembuhkan gatal.

Kenapa harus menggunakan sabun herbal? Karena pada saat ini kulit anak Anda sedang dalam kondisi yang tidak normal, sehingga membutuhkan penanganan khusus. Sabun herbal memiliki kandungan yang lebih bisa diterima oleh tubuh, sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi reaksi alergi. Kami menyarankan penggunaan sabun herbal karena sabun herbal tidak mengandung bahan kimia berlebih. Anda pasti juga tahu bahwa penggunaan bahan kimia berlebih juga tidak baik untuk tubuh, apalagi untuk anak Anda yang masih bayi.

Olesi Dengan Salep Acyclovir

Salep Acyclovir Untuk Mengeringkan Luka Herpes
Salep Acyclovir Untuk Mengeringkan Luka Herpes

Cara mengatasi herpes pada bayi yang terakhir yaitu dengan memberikan salep. Setelah selesai mandi, luka herpes Anda beri salep acyclovir agar segera sembuh. Acyclovir merupakan obat luar, yaitu berupa salep. Salep ini merupakan salep generik yang berfungsi khusus untuk herpes. Anda jangan sampai terlewat untuk memberikan salep ini. Anda dapat mengoleskan pada seluruh luka herpes setiap 4 jam sekali agar luka segera mengering dan tidak bertambah lebar.

Kebiasaan yang banyak terjadi di masyarakat yaitu, para ibu hanya memberikan salep saja, tidak merawat luka terlebih dahulu. Sehingga hasilnya pun juga berbeda, luka herpes pada anak tidak segera mengering. Nah, jika Anda juga melakukan demikian, maka luka herpes juga tidak segera mengering, karena cairan herpes yag berada di bawah kulit masih ada dan terus berproduksi. Walaupun Anda memberikan salep secara rutin, maka luka juga tidak akan segera mengering.

Berilah Parasetamol Untuk Menurunkan Panas

Parasetamol Untuk Penurun Panas
Parasetamol Untuk Penurun Panas

Sistem kekebalan tubuh antara satu bayi dengan yang lain berbeda-beda. Jika Anak Anda tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat, bisa jadi selama herpes belum mengering, anak Anda akan mengalami panas tubuh secara terus menerus. namun biasanya juga ada bayi yang mengalami herpes, namun tidak menunjukkan panas tubuh.

Jika anak Anda masih memiliki suhu tubuh yang tinggi, sebagai penanganannya Anda dapat memberikan parasetamol dengan dosis setengah tablet setiap kali minum. Dalam satu hari Anda dapat memberikannya sebanyak 3 kali, setelah bayi menetek. Fungsi parasetamol adalah sebagai penurun panas. Anda cukup menggunakan parasetamol, tidak usah obat-obat yang lain. Penggunaan amoxixicylin juga tidak dianjurkan, jika Anda meminumkannya tidak sesuai dengan jadwal yang pas, maka dapat menimbulkan kerentanan terhadap obat itu sendiri.

Anda yang masih meremehkan penyakit herpes, segera beralih pikiran. Sebenarnya jika serangan virus herpes tidak segera diatasi, dapat menyebabkan meningoencepalitis, yaitu sejenis dengan meningitis atau serangan virus pada selaput otak. Biasanya diiringi dengan timbulnya gejala panas, sakit kepala, leukositosis, iritasi selaput otak, bingung, bahkan sampai terjadi koma. Semakin bijaklah Anda dalam mengatasi herpes pada bayi Anda. Semoga bermanfaat.