Apa Sih ASI Eksklusif Itu?

Sponsored Links

Apa Sih ASI Eksklusif Itu?

Apakah Anda pernah mendengar mengenai ASI eksklusif? Atau bahkan Anda sedang mencari tahu apa itu ASI eksklusif? Walaupun Anda seorang bapak atau Anda adalah seorang remaja, namun harus mengetahui tentang ASI eksklusif. Karena hal ini sangat penting untuk kehidupan bayi Anda.

ASI eksklusif adalah program pemberian makan paa bayi hanya dengan ASI saja selama kehidupan 6 bulan pertama. Ingat, hanya ASI saja tanpa adanya pemberian makanan lain seperti susu formula, bubur susu, bubur nasi, pisang, kelapa muda, biskuit, madu atau bahkan hanya air putih. Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum dapat menjalankan program ASI eksklusif, hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan pengetahuan mengenai ASI eksklusif, atau karena adat istiadat yang dapat menggagalkan pemberian ASI eksklusif.

ASI adalah makanan yang paling sempurna untuk bayi. Kenapa demikian, karena ASI mudah dicerna oleh bayi dan sesuai dengan kondisi pencernaannya yang belum dapat berfungsi secara keseluruhan. Selain itu, ASI juga mudah diserap oleh tubuh bayi, karena ASI mengandung enzim pencernaan. Nah, jika Anda memberikan susu formula pada bayi Anda, berarti Anda memberatkan kerja tubuh bayi untuk mencerna makanan. Selain itu, Anda juga kerepotan untuk mencari susu formula yang sesuai dengan bayi Anda.

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi

Sebenarnya program ASI Ekslusif itu bukan hanya suatu program saja, namun memilki tujuan dan manfaat. Entah itu manfaat bagi bayi, ibu, keluarga atau bahkan masyarakat. Berikut ini adalah manfaat ASI eksklusif bagi bayi:

Bayi ASI Memiliki Kekebalan Tubuh Yang Lebih Tinggi Terhadap Segala Penyakit

Yang perlu Anda tahu bahwa ASI yang pertama kali keluar dari puting ibu adalah ASI yang berwarna kekuningan atau biasa disebut dengan kolostrum. Nah, kolostrum inilah yang dapat memberikan kekebalan pada tubuh bayi seumur hidupnya. Ini merupakan sesuatu yang sangat menakjubkan. Tidak ada yang dapat mengalahkan keampuhan dari kolostrum, vaksinasi model apa pun manfaatnya masih kalah dengan kolostrum.

ASI Selalu Siap Sedia Setiap Saat Bayi Menginginkan

Coba Anda bayangkan ketika bayi Anda adalah bayi dengan susu formula. Pasti Anda sangat kerepotan untuk terus menerus untuk membuatkan susu untuk si bayi. Ketika Bayi tiba-tiba menangis dan meminta susu, Anda terlebih dahulu harus membuatkan susu, padahal si bayi sudah menangis meminta susu.

Nah, apabila Anda menggunakan ASI, maka tidak perlu repot untuk membuatkan susu. Setiap saat bayi menginginkan untuk menyusu, Anda tinggal menyusui saja. Apalagi ketika malam hari, di tengah-tengah waktu tidur, ketika bayi menginginkan susu, Anda pun sambil tidur juga dapat memberikan susu pada bayi Anda. Sangat mudah bukan?

ASI Dalam Kondisi Steril Dan Memiliki Suhu Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Bayi

Pembahasan yang satu ini masih berkaitan dengan pemberian susu formula pada bayi. Ketika Anda memberikan susu formula, pada umunya menggunakan botol susu atau dengan sendok. Masalahnya adalah, apakah peralatan yang Anda gunakan untuk menampung susu sudah benar-benar steril? Jika tidak steril, maka akan berakibat pada kesehatan bayi. Terdapat berbagai macam bakteri yang ikut masuk bersama susu formula.

Nah, jika Anda memberikan susu langsung dari puting, kemungkinan ASI untuk terkontaminasi sangatlah sedikit. ASI keluar dari puting ibu, kemudian langsung masuk ke dalam mulut si bayi, dengan demikian ASI terjaga dan tetap steril.

Begitu juga dengan suhu susu yang diterima oleh bayi. ASI memiliki suhu yang hangat. Ukuran suhu ASI yang berasal dari puting ibu merupakan suhu yang sesuai dengan kondisi tubuh bayi. Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan suatu tindakan untuk menyesuaikan suhu ASI. Namun, ketika Anda membuatkan susu formula untuk si bayi, Anda harus mengecek suhunya, jangan sampai kepanasan atau terlalu dingin.

Jika Anda tidak mengetahui suhu yang pas untuk susu bayi, maka bayi Anda dapat mudah mengalami gangguan pencernaan.Selain harus menyesuaikan suhu susu formula, Anda juga harus menyesuaikan kekentalan susu. Apabila susu formula yang Anda berikan terlalu encer, maka dapat membuat bayi diare. Sebaliknya, ketika Anda terlalu kental dalam membuatkan susu formula, maka si bayi juga akan kesulitan dalam mencerna, akibatnya bayi akan mengalami sembelit. Dan dapat dipastikan bayi Anda akan rewel.

Bayi Prematur Akan Cepat Tumbuh Dengan Pemberian ASI

Siapa sih yang mau memiliki bayi prematur? Pasti Anda juga tidak mau kan? Bayi prematur membutuhkan perawatan yang sedikit ekstra karena segala fungsi organ tubuh masih belum dapat berfungsi secara maksimal dan sempurna. Sehingga ketika pada masa awal kelahiran, bayi masih dalam proses penyempurnaan fungsi organ. Selain itu, biasannya bayi prematur memiliki bobot yang lebih rendah daripada bayi yang lahir dengan usia yang cukup.

Bagi Anda yang memiliki bayi prematur jangan khawatir, karena bayi Anda dapat tumbuh dengan cepat hanya dengan ASI. ASI merupakan makanan yang paling cocok untuk bayi Anda yang sedang mengalami pertumbuhan. Dengan syarat, si ibu harus benar-benar telaten dalam menyusui. Biasanya bayi yang memiliki bobot rendah, pembawaannya adalah selalu ingin tidur, sehingga jarang sekali menetek.

Nah, karena bayi Anda tergolong bayi yang prematur dan memiliki bobot rendah, maka harus rutin membangunkan bayi apabila bayi masih tertidur, padahal sudah waktunya menyusu.

IQ Bayi ASI Lebih Tinggi 7-9 Poin Daripada IQ Bayi Non-ASI

Apakah Anda percaya bahwa bayi denga ASI memiliki kecerdasan yang lebih tinggi daripada bayi non-ASI? Anda harus yakin dan percaya. Maka dari itu, bayi Anda berilah ASI saja. Ketika pada awal kelahiran bayi, Anda memberikan susu formula dan tidak mengenalkan ASI, maka kemungkinan besar bayi sulit untuk berpindah minum ASI.

Maka dari itu, Anda sebagai ibu yang bijak, berilah yang terbaik untuk kehidupan bayi Anda di masa mendatang. Dengan berpegang teguh pada prinsip Anak ASI eksklusif jauh lebih cerdas daripada anak non-ASI.

BAyi memiliki IQ lebih tinggi
BAyi memiliki IQ lebih tinggi

ASI Dapat Meningkatkan Hubungan Psikologis Antara Ibu Dan Bayi

Setiap hisapan ASI yang diterima oleh bayi, merupakan untaian kasih sayang yang diberikan oleh ibu. Semakin banyak Anda memberikan ASI untuk bayi, maka jalinan kasih sayang dengan bayi juga semakin terjalin. Hubungan psikologis ini akan terasa hingga bayi Anda menjadi dewasa. Betapa tidak, ASI yang keluar dari puting Anda adalah bagian dari tubuh Anda, sehingga sel-sel yang tumbuh pada bayi Anda sebagian adalah dari tubuh Anda.

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu

Manfaat ASI eksklusif bukan hanya untuk bayi saja, tapi juga untuk ibu. Berikut ini adalah manfaat ASI eksklusif bagi ibu:

Hisapan Bayi Membantu Menciutkan Rahim

Ketika bayi Anda menghisap ASI, maka otot-otot rahim juga akan berkontraksi untuk dapat kembali seperti ukuran semula. Nah, berarti setiap hisapan bayi merupakan obat alami bagi rahim Anda untuk kembali pada bentuk dan ukuran semula. Sangat bermanfaat bukan?

Mempercepat Berhentinya Pendarahan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan pasti Anda masih mengalami perdarahan atau nifas. Lamanya nifas setiap orang berbeda-beda. Agar Anda segera berhenti dari perdarahan maka sebaiknya Anda rutin dalam memberikan ASI untuk bayi Anda. Ketika bayi menghisap ASI, maka otot rahim juga beraksi untuk segera mengeluarkan darah kotor yang masih menempel, dengan demikian semakin sering Anda menyusui bayi, maka darah kotor juga akan lebih cepat untuk keluar dari rahim Anda.

Menjarangkan Kehamilan

Apakah Anda sudah tahu, bahwa menyusui dapat membuat hormon Anda menghambat terjadinya pematangan sel telur. Sehingga And apun juga tidak mengalami menstruasi, dengan demikian Anda tidak akan mengalami kehamilan dalam jangka waktu yang dekat.

Mengurangi Kemungkinan Kanker Payudara

Ketika bayi Anda meghisap ASI, maka sel-sel yang berada di sekitar puting pun juga akan berkontraksi. Sel-sel kanker yang berkembang disekitar payudara lambat laun akan mengecil dan hilang, ketika sering mendapatkan rangsangan hisapan dari bayi Anda.

ASI Lebih Hemat, Praktis Dan Murah

Manfaat yang satu ini sangat nyata dan Anda pun juga merasakan manfaatnya. Coba bayangkan, ketika bayi Anda harus minum susu formula betapa repotnya Anda dalam menyediakannya. Baik dalam hal dana maupun dalam proses membuatkan susu. Namun, ketika Anda memberikan ASI, Anda tidak perlu repot membuatkan susu dan yang pasti tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli susu.

nah, sekarang Anda sudah mengetahui, betapa manfaatnya ASI eksklusif bagi Anda dan bayi Anda. ASI eksklusif dapat menunjang masa depan Anda dan bayi Anda. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.