Alunan Musik Menurunkan Stress Kerja

Sponsored Links

Apakah Anda salah satu dari penggemar musik? Pasti Anda sering merasa nyaman saat mendengarkan alunan musik dengan sambil bekerja. Namun selama ini Anda belum mengetahui apakah memang musik benar-benar bermanfaat bagi Anda. Nah, dalam artikel ini akan dibahas lebih banyak mengenai alunan musik menurunkan stress.

Musik merupakan salah satu dari karya seni yang dapat melukiskan perasaan, pikiran atau suatu peristiwa yang terjadi pada seseorang. Musik menggunakan kekuatan komposisi suara untuk menghasilkan seni yang dapat mengungkapkan perasaan atau pikiran. Penggunaan musik sebagai alat bantu dalam menenangkan psikologis manusia telah dikembangkan sejak zaman Yunani kuno, Plato dan Aristoteles.

Hasil sebuah riset menunjukkan bahwa musik memang memiliki kekuatan untuk merangsang sel-sel syaraf manusia sesuai dengan ritme yang dimilikinya. Dengan alunan musik, sel-sel syaraf manusia dapat diperlemah, diperkuat maupun dipulihkan kembali menjadi syaraf yang berfungsi normal. Anda pun mungkin juga sudah pernah mendengar bahwa musik juga berpengaruh positif terhadap perkembangan janin di dalam rahim. Syaraf yang dapat dirangsang oleh musik diantaranya adalah sistem syaraf sensor-motorik, sistem syaraf sadar dan sel-sel syaraf lain yang berhubungan dengan indera penglihat dan pendengar.

Ketika Anda bekerja, suatu saat pasti akan merasakan kejenuhan atau bahkan sampai mengalami stres kerja. Atau bahkan mungkin pekerjaan Anda adalah sebagai sumber stres Anda. Salah satu cara untuk menurunkan stress Anda, musik adalah solusi yang tepat untuk mendampingi sepanjang hari kerja Anda.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai proses kerja musik terhadap penurunan tingkat stress, ada baiknya Anda mengetahui dulu seluk beluk dari musik yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Simak selengkapnya!!

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Musik telah dikembangkan sejak zaman Yunani kuno. Bahkan di Iran dan berbagai negara kuno telah mengkaji tentang pengaruh musik terhadap jiwa manusia. Hasil studi yang di lakukan di Iran mendapatkan hasil bahwa musik berfungsi dalam penyembuhan suatu penyakit dan menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jiwa. Mereka menggunakan musik sebagai alat bantu penyembuhan pada anak-anak yang mengalami gangguan cacat mental. Selain itu musik juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta sebagai alat pengontrol perilaku hiperaktif dari anak-anak yang mengalami cacat mental.

Seruling Sebagai Penurun Stress Kerja
Seruling Sebagai Penurun Stress Kerja

Di kalangan orang tuna netra, musik memiliki pengaruh positif terhadap indra pendengaran mereka. Dengan dialunkan musik, mereka akan menjadi semakin tenang dan bersemangat dalam menjalani kehidupan sehingga hidupnya lebih berkualitas. Lain halnya dengan seruling, seruling memiliki kemampuan untuk membentuk berbagai jenis tema musik diantaranya yaitu musik ceria, melow, semangat, relaksasi dan trance. Nah, dengan seruling para tenaga ahli dapat menyembuhkan orang yang sedang mengalami tekanan mental dan stres.

Proses Pemudaran Stress Dengan Musik

Untuk mengetahui seberapa besarkah tingkat stress Anda, maka dapat dilakukan dengan pengukuran denyut nadi. Pengukuran denyut nadi bertujuan untuk mengetahui tekanan pembuluh kardiovaskular Anda. Pengukuran dilakukan dengan bantuan alat Electro Cardio Graph (ECG) atau dengan metode pengukuran 10 denyut nadi. Terjadinya peningkatan kecepatan denyut nadi berpengaruh terhadap peningkatan kerja jantung. Nah, pada saat Anda mengalami stres, maka denyut nadi juga akan memiliki peningkatan kecepatan. Dapat disimpulkan bahwa denyut nadi dapat menggambarkan kondisi tingkat stress Anda.

Menurunkan Denyut Nadi
Menurunkan Denyut Nadi

Ketika Anda mendengarkan musik saat bekerja, denyut nadi secara perlahan akan menurun. Apalagi jika yang Anda dengarkan adalah musik favorit, pasti denyut nadi akan menurun dengan angka yang banyak. Hal ini dapat terjadi karena syaraf-syaraf Anda mulai mengendur atau rileks, sehingga denyut nadi pun juga akan menurunkan tekanannya. Nah, jika Anda rutin untuk merelaks-kan syaraf-syaraf Anda maka kemungkinan terjadinya stres juga akan menurun.

Sebuah riset menemukan bahwa terdapat perbedaan tingkat penurunan denyut nadi setelah seseorang mendengarkan musik dengan tema yang berbeda. Orang yang bekerja dengan alunan musik yang ringan dan musik yang favorit akan secara signifikan menurunkan denyut nadinya. Adapun orang yang tidak menggunakan musik dalam bekerja, tetap memiliki tingkat denyut nadi yang lebih tinggi daripada orang yang mendengarkan musik.

Pada riset yang lain juga menemukan bahwa orang yang bekerja dengan mendengarkan musik yang semangat dan musik favorit mengalami penurunan denyut nadi yang secara signifikan. Nah, dari dua hasil riset tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa mendengarkan musik saat bekerja dapat menurunkan tingkat denyut nadi seseorang.

Jenis Musik Yang Menurunkan Tingkat Stress

Bagi orang yang sedang mengalami stres atau tekanan mental, alunan musik yang berirama melow dan melankolis dapat menurunkan komposisi kimia yang berada di dalam otak. Selain itu, bagi Anda yang memiliki kondisi normal juga akan mendapatkan manfaat dari musik dengan tema melankolis. Yaitu dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri, nah manfaat ini cenderung pada kondisi fisik tubuh. Adapun bagi Anda yang sedang dalam kondisi bersedih, musik melankolis ini dapat membuat Anda lebih mudah dalam menahan rasa duka atau sakit hati. Kelemahan dari musik ini adalah, pada saat Anda mendengarkannya dalam waktu yang lama dan berlebihan dapat menurunkan semangat beraktivitas dan menumbuhkan rasa kebencian.

Berbagai Jenis Musik
Berbagai Jenis Musik

Saat Anda sehat dan memiliki kondisi tubuh yang normal, pasti Anda juga sangat produktif dalam bekerja. Tidak mengalami ganguan atau malas dan pusing untuk bekerja. Nah, Anda harus mengenali kondisi kapan saat Anda sudah mulai bosan dan jenuh dalam pekerjaan. Agar Anda tetap dalam kondisi yang baik dan tidak mengalami stress selama bekerja, sebaiknya pada beberapa waktu yang sudah mulai mengalami kejenuhan segera memutar musik.

Musik bertema semangat, dapat membangkitkan semangat Anda untuk dapat bekerja secara cepat dan tanggap, karena terpicu oleh alunan musik tersebut. Nah, musik jenis ini sangat cocok bila Anda sudah mulai mengalami lelah atau sudah hampir di penghujung jam kerja. Musik atau komposer jenis tersebut memang di tujukan untuk membangkitkan semangat, salah satu manfaatnya yaitu Anda dapat bekerja lebih produktif. Biasanya yang banyak menyukai musik jenis ini adalah kaum pemuda, sesuai dengan jiwanya yaitu semangat.

Selanjutnya adalah musik yang bernada ceria. Nah, musik ini cenderung memiliki irama yang menyenangkan. Jenis musik ceria dapat memberikan pengaruh positif terhadap gairah hidup dan dapat merangsang memunculkan perasaan positif. Nah, bagi Anda yang memutar musik jenis ini pasti akan terhibur dan terhindar dari kondisi stress.

Kondisi stress pada seseorang dapat juga direduksi dengan kelembutan dari musik relaksasi yang bernuansa lembut, monoton dan datar. Namun, dengan Anda memutar jenis musik ini akan mendapatkan sensasi ketenangan pikiran sehingga mudah untuk berkonsentrasi dan memiliki keseimbangan emosi.

Meninggalkan Musik
Meninggalkan Musik

Nah, uraian di atas sudah banyak membeberkan betapa ampuhnya musik menurunkan stress kerja. Namun, Anda juga harus proporsional dalam mendengarkan musik, jangan sampai berlebihan agar tidak mudah mengalami kebosanan dalam mendengarkan musik. Pada suatu kondisi tertentu, musik terkadang tidak dapat didengarkan dengan pas. Suara burung, gemericiknya air sungai, tetesan air hujan dan deburan ombak terkadang juga dapat menjadi pengganti musik yang seakan-akan membawa perasaan dan jiwa menjadi tenang.