10 Tips Mencegah Influenza Secara Alami

Sponsored Links

10 Tips Mencegah Influenza Secara Alami

Siapa sih yang nggak pernah terkena flu? Saya yakin, Anda pun juga pernah terserang flu, atau bahkan malah sering.

Memang, flu bukan termasuk penyakit yang berat atau penyakit yang berbahaya. Namun ketika Anda terserang flu, pasti Anda akan merasa terganggu atau bahkan sampai menghambat aktivitas Anda. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa flu itu disebabkan oleh virus. Nah virus tersebut berkeliaran kemana-kemana, di mana ada debu di situ kemungkinan juga terdapat virus influenza, karena virus influenza dapat hidup di luar tubuh manusia.

Nah, di artikel ini penulis akan memaparkan bagaimana sih cara mencegah infuenza secara alami. Mari simak selengkapnya!

1. Perbanyak Minum Air Putih Sebagai Pelawan Virus Influenza

Memperbanyak Minum Air Putih
Memperbanyak Minum Air Putih

Sudah barang tentu, Anda pasti juga tahu bahwa air putih mengandung sejuta manfaat. Bahkan seakan-akan segala penyakit pun disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Karena air putih dapat menjadi penetralisir racun dan zat-zat radikal bebas dalam tubuh.

Konsumsi air putih 8 gelas dalam sehari, dapat membantu Anda untuk menghilangkan virus penyebab influenza yang berada di tenggorokan. Semakin banyak Anda minum, maka tenggorokan akan bersih, sehingga virus influenza tidak lagi menyerang Anda.

2. Jaga Pola Makan, Jangan Sampai Kekurangan Nutrisi

Mengkonsumsi Makanan Yang Bernutrisi Tinggi
Mengkonsumsi Makanan Yang Bernutrisi Tinggi

Ketika Anda menginginkan untuk dapat memiliki kondisi tubuh yang fit, maka Anda juga harus memberi nutrisi pada tubuh. Dengan cara makan dengan teratur serta yang dikonsumsi adalah makanan yang bergizi, beragam dan berimbang.

3. Jangan Sampai Telat Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Rutin Mengkonsumsi Buah Dan Sayur
Rutin Mengkonsumsi Buah Dan Sayur

Kenapa sih harus mengkonsumsi buah dan sayur? Kan flu mengganggu sistem pernapasan, apakah ada hubungannya? Ya jelas ada, walaupun hanya flu jika Anda tidak dapat mengatasinya maka Anda juga akan merasa terganggu. Manfaat buah dan sayur adalah sebagai nutrisi pendukung agar tubuh Anda tetap memiliki stamina yang optimal. Sayuran yang berwarna hijau tua memiliki kandungan yang baik untuk kekebalan tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai juga akan membantu peningkatan kekebalan tubuh Anda. Karena kandungan Vitamin C yang paling banyak terkadung dalam cabai merah. Adapun buah-buahan, pilih buah yang banyak mengandung vitamin C agar tubuh Anda dapat membentuk kekebalan tubuh secara optimal.

4. Sesering Mungkin Cuci Tangan Anda dengan Sabun dan Air Mengalir

Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Dan Air Mengalir
Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Dan Air Mengalir

Mengapa cuci tangan harus menggunakan sabun? Iya, memang harus menggunakan sabun, karena virus dan bakteri yang berada di tangan Anda akan mati dan hilang ketika terkena sabun dan disiram menggunakan air yang mengalir. Jika Anda mencuci tangan hanya dengan air saja, walaupun air tersebut mengalir tapi itu belum maksimal untuk membasmi kuman-kuman yang ada di tangan Anda. Sebaliknya, Anda telah mencuci tangan dengan sabun tapi tidak menggunakan air mengalir maka kuman akan tetap bertahan di tangan Anda.

Setiap Anda mau menyentuh makanan usahakan untuk dapat mencuci tangan terlebih dahulu, karena ini adalah cara ampuh untuk mencegah virus influenza masuk dalam tubuh Anda. Selain itu, ketika Anda berada di tempat-tempat yang berdebu atau beraktivitas dan berhubungan langsung dengan debu maka setelah itu segeralah untuk mencuci tangan Anda, agar kuman yang menempel di tangan Anda segera hilang.

5. Gunakan Masker Saat Berkendara

Menggunakan Masker Saat Berkendara
Menggunakan Masker Saat Berkendara

Memang, mungkin sebagian besar dari masyarakat meremehkan penggunaan masker saat berkendara. Karena masih banyak yang beranggapan bahwa mereka tetap aman dan baik-baik saja ketika berkendara tanpa masker. Namun hal ini akan menjadi masalah jika Anda adalah orang yang mudah terserang penyakit atau sensitif terhadap debu.

Maka dari itu, penggunaan masker saat di jalan dapat mencegah masuknya virus, baik itu virus influenza maupun berbagai virus yang lain. Selain itu, penggunaan masker juga akan membantu meringankan sistem pernapasan Anda dalam menyaring udara yang masuk.

6. Lakukan Olah Raga Outdoor Secara Teratur untuk Mendapatkan Vitamin D

Melakukan Olah Raga Di Luar Ruangan
Melakukan Olah Raga Di Luar Ruangan

Sudah menjadi fakta dan realita bahwa berolahraga dapat membantu menyehatkan tubuh. Namun, kebanyakan masyarakat belum sampai berfikir bahwa flu itu juga disebabkan kurangnya olah raga. Olah raga dapat membantu tubuh Anda melawan serangan virus influenza. Dengan berolah raga tubuh Anda akan menjadi lebih fit dan otomatis kekebalan tubuh juga meningkat, sehingga tubuh lebih mudah dalam melawan kuman yang masuk.

Ketika Anda dapat melakukan olah raga di luar ruangan dan terkena sinar matahari, Anda bukan hanya mendapatkan manfaat dari aktifitas fisik. Namun Anda juga mendapatkan manfaat dari paparan sinar matahari yang Anda terima. Dari sinar matahari Anda akan mendapatkan Vitamin D, sedangkan vitamin D salah satu manfaatnya yaitu dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan mendukung fungsi tubuh dengan optimal.

7. Istirahatkan Tubuh Anda dengan Tidur yang Cukup

Istirahat Yang Cukup
Istirahat Yang Cukup

Untuk menjaga tubuh Anda agar tetap fit, maka Anda jangan mengabaikan kecukupan waktu untuk beristirahat. Karena kekebalan tubuh akan kembali secara alami ketika Anda sedang beristirahat, sehingga ketika Anda bangun dapat kembali beraktifitas secara optimal. Virus influenza dapat mudah menyerang jika Anda dalam kondisi kurang tidur dan banyak beraktifitas, karena pada kondisi tersebut sistem kekebalan tubuh Anda dapat menurun drastis.

Anda dalam sehari supaya beristirahat yang cukup yaitu tidak kurang dari 7 jam. Namun jangan juga terlalu banyak tidur, karena akan membuat tubuh Anda menjadi malas untuk beraktifitas. Selain itu, jika Anda memiliki kesempatan untuk tidur siang, maka lakukanlah tidur siang minimal 20 menit saja Agar tubuh Anda merasakan istirahat walau cuma sebentar.

8. Mandi Menggunakan Air Hangat Ketika Musim Hujan

Mandi Menggunakan Air Hangat
Mandi Menggunakan Air Hangat

Ketika musim hujan, suhu udara cenderung dingin dan inilah yang dapat membuat tubuh Anda juga memiliki suhu yang rendah. Untuk menjaga agar tubuh tetap hangat, gunakanlah air hangat untuk mandi, terutama di sore hari sepulang Anda bekerja. Karena bisa jadi ketika Anda pulang dari bekerja terkena air hujan. Sedangkan air hujan juga dapat memicu Anda untuk terserang flu.

9. Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda dengan Sesendok Madu

Mengkonsumsi Sesendok Madu Setiap Pagi
Mengkonsumsi Sesendok Madu Setiap Pagi

Virus tidak mudah menyerang jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Madu berfungsi sebagai zat alami yang dapat mengembalikan dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda rutin mengkonsumsi satu sendok madu setiap pagi. Hanya dengan satu sendok madu, ketahanan tubuh Anda dalam satu hari akan terjaga.

10. Lakukan Vaksinasi Influenza Jika Anda Termasuk Orang yang Rentan  Terserang Penyakit

Melakukan Vaksinasi Influenza
Melakukan Vaksinasi Influenza

Jika Anda termasuk orang yang rentan atau mudah terserang penyakit, vaksinasi merupakan solusi terbaik bagi Anda. Apalgi jika Anda memiliki asma, penyakit jantuk, pneumonia atau sedang hamil. Lebih baik Anda segera mendapatkan vaksinasi agar tubuh Anda tidak mudah lemah. Selain itu vaksinasi bertujuan agar tidak memperparah penyakit yang Anda derita.

 Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana mencegah influenza secara alami, pastikan Anda semakin bijak dalam menghempaskan vius influenza dari tubuh Anda, yaitu dengan mencegah virus influenza secara alami.