10 Tips Alami Membasmi Kutu Kepala Pada Anak-Anak

Sponsored Links

10 Tips Alami Membasmi Kutu Kepala Pada Anak-Anak

Bagi beberapa orang, kutu kepala bukanlah suatu masalah yang serius. Bahkan menjadi hal yang biasa saja di kalangan mereka. Nah, menurut Anda masalah nggak sih memiliki kutu kepala?

Anak Anda yang masih memiliki kutu kepala, pernahkah mereka mengeluhkan? Atau bahkan Anda sendiri yang mengeluh tentang kutu-kutu mereka. Karena, suka nggak suka Anda harus direpotkan untuk mengambil dan mengurangi kutu yang ada di kepala anak. Selama ini, Anda merasa nggak sih, bahwa banyak waktu yang tersita hanya untuk mengurusi kutu kepala pada anak?

Kutu kepala sangat cepat untuk berkembang biak. Setiap 1 ekor kutu betina, mampu bertelur 6-8 telur dalam sehari. Coba bayangkan jika ada beberapa induk kutu dalam kepala anak Anda, berapa telur yang terus bertambah dan menjadi kutu. Apabila Anda sehari saja tidak melakukan tindakan pembasmian, maka kutu akan terus berlipat ganda.

Berikut, dalam artikel ini kami akan menyajikan beberapa cara agar anak Anda tidak lagi berkutu dan Anda akan terasa lebih lega tidak lagi harus mengurusi kutu-kutu kecil. Simak selengkapnya!!

1. Keramasi Rambut Anak Anda Setiap Sore Hari

Anda sebagai orang tua, terutama ibu, ingatkanlah anak Anda untuk dapat berkeramas setiap sore hari, agar rambut anak bersih sehingga kutu tidak lagi betah dalam kepala. Selain itu, semakin sering dikeramasi maka kondisi kepala kan tetap bersih dan secara alamiah kutu akan berkurang sedikit demi sedikit. Untuk lebih mengoptimalkan pengurangan jumlah kutu pada kepala, ketika anak sedang keramas dan shampo masih belum di bilas, Anda dapat meggunakan kain putih untuk mengusap-usap rambut anak dengan tujuan agar kutu menempel pada kain dan kutu dapat diambil. Kutu secara otomatis akan menempel pada kain yang Anda usapkan. Cara ini adalah alternatif kedua selain penggunaan serit sebagai alat pencari kutu.

Ketika setiap keramas Anda menggunakan metode ini, maka jumlah kutu akan berkurang secara signifikan. Dengan demikian kutu pada kepala anak Anda akan berkurang secara berangsung.

Mengeramasi Rambut Anak
Mengeramasi Rambut Anak

2. Gunakan Air Hangat Dan Sabun Untuk Keramas

Fungsi air hangat adalah untuk membunuh telur-telur kutu yang berada di rambut. Telur akan mati jika terus terpapar air hangat. Selain itu, penggunaan sabun juga akan meningkatkan ketidaknyamanan kutu ketika dikeramasi.

Anda juga dapat menggunakan metode mengusap-usap rambut menggunakan kain putih untuk mendapatkan kutu.

3. Rutin Menggunakan Serit Untuk Mengurangi Kutu Dan Telur Kutu

Anda tahu serit kan? Iya, serit adalah sejenis sisir yang memiliki gerigi sangat rapat. Fungsi dari serit adalah sebagai alat untuk menghilangkan kutu dari rambut. Memang sangat membantu sekali jika Anda menggunakan serit untuk membasmi kutu rambut. Namun, serit tidak bisa maksimal menangkap semua kutu yang ada di kepala hingga tuntas.

Serit Untuk Mencari Kutu Kepala
Serit Untuk Mencari Kutu Kepala

4. Potong Rambut Anak Anda, Agar Kutu Tidak Banyak Bersarang

Salah satu cara agar kutu yang bersarang di kepala anak Anda tidak semakin banyak, yaitu dengan memotong rambut hingga pendek, sehingga rumah bersarangnya kutu semakin sempit. Ketika anak Anda memiliki rambut yang pendek, kebersihan rambut dan kuit kepala juga lebih mudah untuk di jaga.

Memotong Rambut Anak
Memotong Rambut Anak

5. Gunakan Jus Lemon Untuk Membasuh Rambut

Siapa sangka jus lemon juga berhasil untuk membasmi kutu kepala. Anda yang suka dengan jus lemon, kali ini harus berbagi dengan anak Anda.

Caranya yaitu buatlah jus lemon segar (tapi jangan diberi gula ya, ntar yang bersarang di rambut malah ganti semut, hehe). Jus lemon yang sudah jadi, gunakanlah untuk membasuh rambut anak Anda. Kemudian diamkan selama setengah jam, lalu bilaslah rambut dengan air cuka dan air hangat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Fungsi cuka dan air hangat adalah menghancurkan telur-telur kutu yang menempel di rambut.

Nah, asamnya jus lemon ternyata dapat membuat kutu kepala tak tahan dan tersiksa. Ini adalah ide bagus untuk Anda dapat membujuk rayu anak-anak agar mau untuk membasmi kutu mereka. Karena bau segarnya lemon, Insya Allah anak tidak merasa jijik dan suka hati untuk menggunakannya.

Jus Lemon Untuk Membasuh Rambut
Jus Lemon Untuk Membasuh Rambut

6. Minyak Kelapa Sebagai Minyak Rambut

Untuk Anda yang masih sering menjumpai orang membuat minyak kelapa, biasanya di desa-desa masih banyak. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai minyak rambut. Caranya yaitu, ketika anak mau tidur oleskan minyak kelapa ke seluruh rambut sambil memijit-mijit kulit kepala. Kemudian tutup kepala menggunakan ­shower cap atau plastik, agar ketika anak tidur minyak tidak mengenai sarung bantal Anda. Setelah itu keesokan harinya cuci rambut menggunakan shampo, agar minyak dapat hilang secara sempurna. Ketika rambut sudah kering, coba Anda gunakan serit untuk menyisir rambut dan lihatlah berapa banyak kutu yang mati.

Penggunaan minyak kelapa dapat Anda lakukan setiap hari, agar kutu kepala segera hilang. Namun dalam satu minggu maksimal menggunakan minyak kelapa selama 5 hari agar rambut Anda memiliki kesempatan untuk dapat bebas bernapas secara normal.

7. Larutan Cuka Untuk Menghancurkan Telur Kutu Kepala

Sifat cuka adalah asam, cara kerjanya hampir sama seperti penggunaan jus lemon. Namun fungsi cuka di sini bukan hanya membasmi kutu, tapi juga menghancurkan telur-telur kutu. Sepertinya metode ini lebih efektif jika Anda gunakan.

Cara menggunakannya yaitu, campur cuka setengah botol kecil dengan air setengah gelas. Kemudian oles-oleskan cuka pada rambut hingga merata. Setelah itu diamkan selama setengah jam, lalu bilas rambut dengan air hangat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Ramuan Jeruk Nipis Dan Minyak Kayu Putih

Nah, untuk yang satu ini sepertinya mudah untuk mendapatkan bahan-bahannya. Anda bisa mencampurkan perasan 1 buah jeruk nipis dengan 3 sendok makan minyak kayu putih. Gunakan campuran tersebut sebagai minyak rambut. Usahakan ramuan tersebut dapat merata ke seluruh rambut dan kulit kepala. Setelah itu diamkan selama dua jam. Kemudian bilas rambut dengan menggunakan air bersih dan shampo.

9. Daun Sirsak Sebagai Pembilas Saat Keramas

Siapa yang belum pernah tahu buah sirsak? Pasti Anda sudah mengetahuinya. Nah, kali ini yang kita gunakan sebagai pembasmi kutu bukan buah sirsak, tapi daun dari pohon sirsak.

Anda dapat mengambil satu genggam daun sirsak untuk direbus bersama air satu panci. Fungsi rebusan daun sirsak adalah sebagai air yang digunakan untuk keramas. Jadi sebelumnya, rambut anak Anda sudah di keramasi hingga bersih, kemudian yang terakhir dibilas menggunakan air rebusan daun sirsak.

10. Lidah Buaya Untuk Membasmi Kutu Dan Menutrisi Rambut

Selama ini, saya yakin Anda tahunya lidah buaya hanya sebagai penutrisi rambut. Namun, kini perlu Anda ketahui bahwa lidah buaya juga dapat membasmi kutu kepala.

Caranya sama seperti ketika Anda menggunakannya untuk menutrisi rambut. Yaitu, ambil satu lembar lidah buaya yang sudah tua. Kemudian cucilah lidah buaya tersebut. Lalu belah lidah buaya menjadi dua, setelah itu oleskan daging lidah buaya ke rambut. Pastikan gel atau lendir lidah buaya dapat mengenai kulit kepala.

Kemudian diamkan selama 2 jam, setelah itu cuci rambut dengan air. Untuk yang terakhir keramasilah rambut Anda menggunakan shampo, agar bau lidah buaya tidak tertinggal di rambut Anda.

Lidah Buaya Penutrisi Rambut
Lidah Buaya Penutrisi Rambut

Nah, sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara membasmi kutu secara alami. Memang, cara alami membutuhkan waktu yang panjang untuk dapat menuntaskan kutu yang ada di kepala. Namun, ketika Anda bijak untuk memilih salah satu dari cara tersebut, Insya Allah kutu kepala pada anak Anda akan segera pergi. Atau jika Anda tidak segera membasmi kutu-kutu tersebut, Anda akan mendapatkan bahaya kutu kepala yang lebih besar.