10 Jenis Obat Herbal Penyakit Jantung Koroner

Sponsored Links

Pasti Anda sudah sangat familiar dengan penyakit jantung koroner. Atau mungkin Anda adalah salah satu dari penderita jantung koroner? Nah, Pasti semua orang ingin sembuh dari penyakitnya, termasuk Anda. Namun, Anda termasuk orang yang satu langkah lebih maju untuk mengetahui apa saja sih obat herbal untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner?

Sebelum membahas lebih jauh tentang obat herbal penyakit jantung koroner, ada baiknya Anda mengetahui lebih jauh mengenai penyakit jantung itu sendiri. Penyakit jantung koroner merupakan salah satu gangguan yang terdapat dalam pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang berada di jantung. Arteri koronaria mengalami penyumbatan, yaitu tersumbat oleh kolesterol, lemak dan kalsium. Zat-zat tersebut membentuk plak dan menempel disekitas pembuluh darah koronaria, pada akhirnya pembuluh darah akan menyempit sehingga akan mengganggu kerja jantung. Dalam keadaan normal, organ tubuh manusia melakukan fungsi dan tugasnya masing-masing tanpa adanya rasa sakit atau hambatan. Nah, ketika mengalami gangguan dalam jantung Anda, maka Anda akan merasakan sakit pada saat jantung Anda bekerja.

Nah, seberapa bahaya kah penyakit jantung itu? Perlu Anda ketahui, bahwa penyakit jantung di Indonesia merupakan penyakit penyebab kematian nomor 1, hal ini berarti sangat berbahaya. Ketika ANda memiliki keluarga yang pernah terkena penyakit jantung koroner, berarti Anda juga beresiko untuk terkena penyakit jantung. Pada akhirnya Anda harus lebih waspada untuk mencegah agar penyakit jantung tidak menghampiri Anda. Kemudian, apakah penyakit jantung dapat diobati? Pada dasarnya penyakit jantung memang sangat sulit untuk disembuhkan secara total, namun Anda dapat mengobati dan mengurangi atau mencegah agar penyakit tersebut tidak menjadi semakin parah.

Pada akhir-akhir ini, pengobatan herbal merupakan alternatif utama untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Karena bahan-bahan alami memiliki sedikit efek samping dan tidak membahayakan untuk tubuh Anda. Sesuai dengan sifat tumbuh-tumbuhan, yaitu dapat melarut dan beradaptasi dengan kondisi tubuh manusia. Dalam artikel ini, penulis akan membahas mengenai sumber atau macam-macam bahan alami di sekitar Anda yang dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan penyakit jantung koroner. Simak Selengkapnya!!

1. Buah Merah

Obat herbal penyakit jantung koroner yang pertama yaitu buah merah. Apakah Anda pernah mendengar tentang buah merah? Buah merah ini hanya terdapat di daerah papua. Buahnya menyerupai nagka muda namun lebih kecil dan bentuknya memanjang dengan warna merah. Mungkin Anda yang bukan dari daerah papua kesulitan untuk mendapatkan buah ini. Namun, Anda perlu tahu saja, Anda dapat meminum minyak dari buah merah sekali dalam sehari. Saat ini sudah banyak terdapat produk-produk minyak buah merah dan Anda lebih mudah untuk mendapatkannya.

2. Melon

Nah, kalau yang satu ini mungkin merupakan buah kesukaan Anda. Kandungan yang terdapat dalam melon dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung Anda. Caranya yaitu melon sebanyak 200gr kemudian diblender dengan air 50cc. Anda dapat meminum jus melon ini pada pagi dan sore hari. Dengan catatan, ketika Anda mengkonsumsi melon merasakan pusing, sebaiknya Anda berhenti mengkonsumsinya dan beralih pada obat herbal yang lain.

3. Semangka

Anda dapat membuat jus semangka seperti halnya buah melon di atas. Siapkan buah semangka sebanyak 200gr kemudian diblender dg air 50cc. Anda dapat mengkonsumsinya sebanyak 2-3 gelas dalam sehari.

4. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga dapat memberikan manfaat ekstra untuk penyembuhan penyakit jantung Anda. Ada dapat membuat jus bawang putih sebanyak 10 butir dan ditambahkan dengan air satu gelas. Untuk menghilangkan bau menyengat dari bawang putih, Anda dapat menambahkan madu ketika mau mengkonsumsi. Buatlah jus bawang putih ini setiap pagi dan malam hari.

5. Akar Tebu Hitam

Tebu, selain untuk bahan pembuatan gula, ternyata juga bermanfaat sebagai penyembuh penyakit jantung koroner. Anda dapat merebus 30gr akar tebu hitam dengan 2 gelas air. Kemudian rebus selama 10 menit, lalu biarkan akar tebu mengendap setelah itu minumlah air sarinya.Air rebusan akar tebu dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Kacang Hijau

Kacang hijau bukan hanya untuk makanan tambahan atau makanan pendamping ASI. Namun, bagi Anda yang menderita penyakit jantung dapat menjadikan kacang hijau sebagai obat herbal. Nah, caranya yaitu dengan merebus kacang hijau sebanyak satu genggam ditambah 4 gelas air putih. Rebus kacang hijau hingga air rebusan tersisa kira-kira 3 gelas. Anda dapat meminum air rebusan kacang hijau sebanyak 3 kali dalam sehari. Adapun kacang hijaunya dapat Anda konsumsi dengan tanpa menambahkan santan, agar Anda tidak menambahkan kolesterol dalam darah.

7. Kulit Manggis

Pada kulit manggis terdapat zat antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu tubuh menanggulangi radikal bebas yang selama ini masuk ke dalam tubuh. Apakah Anda tahu mengenai radikal bebas? Radikal bebas merupakan zat yang sangat jahat sehingga meningkatkan zat-zat lain untuk menyumbat pembuluh darah pada jantung Anda. Radikal bebas akan dihancurkan oleh antioksidan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika zat antioksidan menghancurkan radikal bebas, kemudian dengan segera mengeluarkan dari tubuh.

Kandungan lain dalam kulit manggis yaitu zat xanthone yang berfungsi sebagai zat anti-stress, nah pada saat Anda menggunakan kulit manggis sebagai alternatif pengobatan, maka tingkat stres Anda lambat laun akan menurun dan aliran darah dalam jantung akan stabil. Selain itu, xanthone akan membantu pembuluh darah Anda menghancurkan plak-plak atau kolesterol yang menempel, dengan demikian pembuluh darah Anda akan menjadi longgar. Sangat bermanfaat bukan? Nah, silakan segera mengambil tindakan untuk mengatasi penyakit jantung Anda.

8. Sarang Semut

Antioksidan bukan hanya terdapat dalam kulit manggis, namun dalam sarang semut pun juga terkandung zat antioksidan. Fungsi antioksidan dalam sarang semut mampu membantu pembuluh darah menjadi lebih lentur. Selain itu juga dapat membantu menyehatkan pembuluh darah. Nah, pada penderita penyakit jantung, pembuluh darahnya mengalami pengerasan, karena banyak kolesterol dan zat-zat lain yang membuat pembuluh darah menjadi kaku. Pada saat Anda mengkonsumsi air rebusan dari sarang semut, secara perlahan pembuluh darah Anda kan menjadi lentur.

Anda juga perlu tahu, sarang semut mengandung zat tokoferol yang dapat membantu mengencerkan darah dan membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan terjadinya pengenceran darah, maka akan membantu jantung Anda lebih ringan dalam memompa darah, sehingga tekanan darah Anda secara otomatis akan menurun. Pada saat Anda memiliki tekanan darah yang normal, maka sistem kerja jantung Anda juga akan normal.

9. Daun Sukun

Sukun juga dapat membantu jantung dan pembuluh darah Anda tetap sehat . Kolesterol dalam darah Anda juga dapat menurun, sehingga plak-plak yang akan menggumpal pada pembuluh darah Anda juga tidak akan terjadi. Anda dapat mengambil satu lembar daun sukun yang masih segar, kemudian rebuslah dengan air sebanyak 5 gelas. Rebus terus hingga air tersisa 2-3 gelas, setelah itu saring dan minumlah. Anda dapat mengkonsumsi rebusan dari daun sukun 2 kali sehari dalam waktu satu minggu. Insya Allah kandungan kolesterol pada darah Anda akan menurun.

10. Kunyit

Pasti Anda juga sudah familiar dengan tumbuhan yang satu ini, yaitu kunyit. Selain untuk pelengkap bumbu dapur, ternyata kunyit juga sangat membantu dalam penyembuhan penyakit jantung koroner. Karena fungsi kunyit adalah sebagai pelarut kolesterol dalam darah. Pada saat pembuluh darah Anda sudah banyak mengalami penumpukan plak, kunyit akan menghancurkan plak-plak tersebut.

Cara untuk membuat ramuan dari kunyit yaitu dengan memarut 4 ruas jari, kemudian seduhlah dengan air panas sebanyak setengah gelas. Tunggu sampai 15 menit, kemudian saring dan minum airnya. Anda dapat menambahkan gula jawa atau madu asli agar rasa getir dari kunyit dapat sedikit terkurangi. Lakukan kegiatan ini dalam sekali dalam sehari selama satu minggu.

Nah, Anda sekarang sudah mengetahui apa saja yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif mengobati dan mencegah penyakit jantung koroner Anda. Semoga bermanfaat.